PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA SMP NEGERI 2 MERAUKE

Nidya Ucisaputri, Nurhayati Nurhayati, Sadrack Luden Pagiling

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Merauke. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Tempat dilaksanakannya penelitian ini yaitu di SMP Negeri 2 Merauke. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Merauke. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas VIII H yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa n-gain score berada pada kategori sedang yaitu 0,40, sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh  16,965 lebih dari  2,086 yang berarti bahwa  ditolak dan  diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Merauke.

 

The purpose of this study is to determine the effect of a scientific approach to the ability to think critically mathematical students of class VIII SMP Negeri 2 Merauke. This research is an experimental research with one-group pretest-posttest design. The place of this research is at SMP Negeri 2 Merauke. The population in this study were all class VIII of SMP Negeri 2 Merauke. Sampling using cluster random sampling techniques and obtained samples of class VIII H, amounting to 21 students. The results indicate that the n-gain score is in the medium category of 0,40, while the hypothesis test results obtained  16,965 more than  2,086 which means that  is rejected and  is accepted. Then it can be concluded that there is an influence of the scientific approach to the ability to think critically mathematical students of class VIII SMP Negeri 2 Merauke.


Keywords


Kemampuan berpikir kritis matematis; pendekatan saintifik;Mathematical critical thinking skills; scientific approach

References


As’ari, A. R. (2014). Ideas for Developing Critical Thinking at Primary School Level. In International Seminar on Addressing Higher Order Thinking: Critical Thinking Issues in Primary Education (pp. 1–13). https://doi.org/10.13140/2.1.4534.9921

Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221–230.

Asmi, Fahinu, & Arapu, L. (2015). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMPN 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 45–58.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, (1), 76–89. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/637/

Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Insight assessment. Retrieved from https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Fitriana, D., Yusuf, M., & Susanti, E. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Melihat Berpikir Kritis Siswa Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–17. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3629.23-38

Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1454

Kalelioǧlu, F., & Gülbahar, Y. (2013). The effect of instructional techniques on critical thinking and critical thinking dispositions in online discussion. Educational Technology and Society, 17(1), 248–258.

Kriel, C. (2013). Creating a disposition for critical thinking in the mathematics classroom. Proceedings of the Second Biennial Conference of the South African Society for Engineering Education, (11 – 12 June), 67–75.

Kusmanto, H. (2014). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kempuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika (Studi Kasus Di Kelas VII SMP Wahid Hasyim Moga). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 92–106. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.6

Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Disposisi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 269–278. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rochmad, R., Agoestanto, A., & Kurniasih, A. W. (2016). Analisis Time-Line dan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pembelajaran Kooperatif Resiprokal. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 217–231. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.4980

Siti, L. (2020). Profil Berpikir Kritis Calon Guru Matematika Dalam Pembuktian Teorema Geometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 190–204. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279–287.

Wulandari, N. C., Dwijanto, & Sunarmi. (2015). Pembelajaran Model REACT Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(3), 265–274.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: