PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI DISCOVERY LEARNING DENGAN GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI

Lilik Firdayati

Abstract


Pembelajaran abad 21 memerlukan pemanfaatan media dalam pembelajaran, yang  mengakibatkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan dalam pembelajaran, bahkan berpengaruh secara psikologis kepada siswa. Media pembelajaran berbasis teknologi dapat membuat pembelajaran lebih powerfull, karena penggunaan media dalam proses pembelajaran bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan. Arus globalisasi yang terjadi saat ini juga mencakup aspek kemajuan dalam penggunaan teknologi informasi, diharapkan tujuan dari penggunaan geogebra dapat meningkatkan motivasi belajar matematika yang divariasi dengan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan pada kelas IX SMP Negeri 3 Metro pada bulan November 2018  menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket motivasi. Analisisnya menggunakan teknik skala likert. Hasil penelitian  ini adalah melalui Discovery Learning dengan Geogebra dapat  meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga aktivitas belajar juga mengalami peningkatan dengan rata-rata 60,83% pada siklus I menjadi 89,38% pada siklus III. Oleh karena itu dalam pembelajaran hendaknya guru dapat berinovasi untuk memotivasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan model yang bervariasi dan media yang sesuai, sehingga hasil belajar dapat maksimal.

 

Twenty first century instruction needs media application, which appear  new demand and need, improve learning motivation and stimulate, event it affected students pshycologically. Instructional media which based on technology can create powerfull instruction, because the use of them in instructional process is not as additional function, but they function as device to create active, effective and enjoyable instructional atmosphere. Globalisation streaming nowadays also included the improvement of information  technology  which hoped that the application of Geogebra can improve the motivation on learning mathematic which variated in learning model Discovery Learning. The study was applied at IX grade of State Junioe High School 3 Metro in Movwmber 2018 through Classroom Action Research, The data collection was done using motivation questionnaire, The Analysys was done through  likert scale. Discovery Learning of Geogebra can improve students' learning motivation so that learning activities can be improve too, the score's rate 60.83% at cycle I became 89.38% at cycle II. It can be said that teachers should do innovation to motivate and improve learning quality through variation of models and fixed media in order to gain maximum achievement of learning


Keywords


Discovery learning; geogebra; motivasi belajar; transformasi; Discovery learning; geogebra; learning motivation; transformation

References


Andrean, N. J., Noer, S. H., & Asmiati. (2019). Pengembangan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif dan Kemandirian Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 270–278.

Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221–230.

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117.

Fitriyani, W., & Sugiman, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras Dengan Pendekatan Ideal Berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 268–283. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2681

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91.

Heryani, Y., & Setialesmana, D. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Peningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–52.

Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213–220.

Listyotami, M. K., Noer, S. H., & Haenilah, E. Y. (2018). Discovery Learning to Develop Student Reflective Thinking Ability and Self-Efficacy. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 73–84.

Masfingatin, T., & Murtafiah, W. (2020). Exploring The Creative Mathematical Reasoning of Mathematics Education Student Through Discovery Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 296–305.

Nisiyatussani, Ayuningtyas, V., Fathurrohman, M., & Anriani, N. (2018). GeoGebra applets design and development for junior high school students to learn quadrilateral mathematics concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 27–40.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Nurdin, E., Ma, A., Amir, Z., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. 6(1), 87–98.

Nursamsu, N., & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ict Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa Di Smp Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 165–170. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.137

Purwasih, R., Sariningsih, R., & Sari, I. P. (2020). Self Efficacy Terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Softwere Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 166–173. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2663

Razi, Z., & Mirunnisa. (2019). Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 520–527.

Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305

Sari, F. K., Farida, & M.Syazali. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/24

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–109. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000%0AImpak

Syafitri, Q., Mujib, Anwar, C., Netriwati, & Wawan. (2018). The Mathematics Learning Media uses Geogebra on the Basic Material of Linear Equations. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 9–18.

Vahlia, I. (2014). Ekperimentasi Model Pembelajaran Discovery dan Group Investigation terhadap Prestasi Belajar matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 43–54.

Warsihna, J. (2013). Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan (E-Learning) di SMP. Jurnal Teknodik, 17(1), 523–532.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: