EKSPERIMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Sutrisno Sutrisno, Nurina Happy, Wiwik Susanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil Ujian Nasional pada mata pelajaran matematika paling rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya dan kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi dan minat belajar siswa menggunakan model discovery learning lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Taman Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian digunakan cluster random sampling sehingga terpilih kelas VII D yang diberikan model pembelajaran konvensional, kelas VII H yang diberikan model discovery learning, dan kelas VII A yang digunakan sebagai kelas ujicoba instrumen. Instrumen penelitian meliputi tes prestasi belajar dan angket minat belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas multivariat, uji homogenitas matriks kovariansi, uji Hotelling Trace T2, dan uji t. Hasil penelitian meunjukkan bahwa prestasi dan minat belajar matematika siswa yang menggunakan model discovery learning lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.

Abstract

This research is motivated by the National Examination results in the lowest mathematics subjects compared to other subjects and the lack of student interest in learning those subjects. The purpose of this study was to determine whether student achievement and interest in using discovery learning models are better than conventional learning models. The population in this study were all grade VII students of SMP Negeri 4 Taman Kabupaten Pemalang. This type of research is a quasi-experimental design. The sampling technique used in the study is cluster random sampling so that selected class VII D is given a conventional learning model, class VII H is given a discovery learning model, and class VII A is used as a test instrument class. Research instruments include achievement tests and interest in learning questionnaires. Data analysis techniques in this study were multivariate normality test, covariance matrix homogeneity test, Hotelling Trace T2 test, and t-test. The results showed that students' mathematics learning achievement and interest in using discovery learning models were better than conventional learning models.


Keywords


discovery learning; interest in learning; learning achievement

References


Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Fitri, M., & Derlina, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(2), 89–96. https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5130

Hanggara, Y., & Alfionita, V. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Probing Prompting dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batam. Pythagoras, 4(2), 1–11. http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/188

Istiana, G. A., Saputro, A. N. C., & Sukardjo, J. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 65–73.

Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1), 21. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2692

Kartika, H. (2014). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Matlab sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 24–35. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3637.93-108

Kemendikbud. (2018). Capaian Hasil Ujian Nasional. https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Khanah, N., Rasiman, R., & Sutrisno, S. (2019). Efektivitas Model Project Based Learning (PJBL) dan Model Discovery Learning (DL) Berbantu Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (4th SENATIK), 135–145.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Ma’aruf, I. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah. Universitas Lampung.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Mubarok, C., & Sulistyo, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tav Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 215–221.

Nordianti, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 2 Kampung Baru Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Lampung.

Nugraha, A. A., & Sari, A. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami ), 123–127. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/48

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.62

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Discovery Learning. Edusentris, 2(3), 241–252. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.177

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Safitri, D. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Balangan 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 193–203. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/issue/view/157

Sari, Y., Sutrisno, S., & Sugiyanti, S. (2019). Experimentation of Problem Based Learning (PBL) Model on Student Learning Motivation and Achievement on Circle Material. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(4), 315–324. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i4.3650

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07. JUSTEK: Jurnal Sains & Teknologi Jurnal Sains & Teknologi, 1(1), 76–81.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Suminar, S. O., & Meilani, R. I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 80–89. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Supardi, Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/86/84

Sutrisno, S., Mardiyana, M., & Usodo, B. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS dengan Pendekatan SAVI terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 661–671.

Sutrisno, S., & Wulandari, D. (2018). Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 37–53.

Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034

Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative: Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Ta’dib, 16(1), 113–136.

Vahlia, I., & Agustina, R. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Discovery Learning Berbasis Problem Solving dan Group Investigation Berbasis Problem Solving pada Pembelajaran Metode Numerik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 82–93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i1.469

Wati, D. A., Ariyanto, L., & Sutrisno, S. (2018). Efektivitas Antara Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Pembelajaran Pair Check terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 12(1), 12–25.

Witri, N. K. (2017). Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Lingkaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Kulit dan Musik Non Klasik SMK Negeri 5 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Mataram.

Zulfajri, M., & Amelia, R. (2016). Pengaruh Model Discovery learning dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Edukasi Kimia, 1(1), 12–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: