ANALISIS SELF-CONFIDENCE DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMA DALAM KURIKULUM BERBASIS UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI

Agustin Nilasari, Moh. Mahfud Effendi, Octavina Rizky Utami Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-confidence dan hasil belajar matematika siswa SMA dalam implementasi kurikulum berbasis UKBM. Untuk memperoleh data tentang self-confidence, menggunakan angket dan wawancara. Angket diberikan pada siswa SMA Negeri 8 Malang kelas XI dan XII IPA. Untuk keabsahan data, dilakukan wawancara baik terhadap guru maupun siswa. Sedangkan untuk memperoleh data tentang hasil belajar, maka menggunakan dokumen UAS Semester Ganjil 2019/2020. Analisis tingkat self-confidence menggunakan skala interval dengan kategori rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Untuk menentukan rating scale, menggunakan persentase dan dikonfirmasi dengan kategori. Sedangkan tingkat hasil belajar menggunakan kategori yang sama dengan skala interval Kemendikbud. Berdasarkan analisis kualitatif didapat bahwa self-confidence siswa SMA dalam pembelajaran matematika berbasis UKBM tergolong tinggi, dan hasil belajarnya juga tinggi. Secara individual maupun klasikal, ada hubungan positif antara self-confidence dan hasil belajar. Oleh karena itu pembelajaran matematika berbasis UKBM perlu dikembangkan dan diterapkan di berbagai jenis dan jenjang sekolah.


Abstrak

The purpose of this study is to analyze the self-confidence and mathematics learning outcomes of high school in implementing the UKBM (independent learning unit)-based curriculum. To obtain data about self-confidence, use questionnaires and interviews. Questionnaire was given to students of SMA Negeri 8 Malang of class XI science and XII science. For data validity, interviews were conducted with both teachers and students. Meanwhile, to obtain data about learning outcomes, then using final exams documents in 2019/2020. The level of self-confidence analysis uses interval scales in the low, medium, high, and very high categories. To determine the rating scale, use percentages and confirm with categories. Whereas the level of learning outcomes uses the same category, and with an interval scale from the Ministry of Education and Culture. Based on qualitative analysis, it was found that high school students' self-confidence in learning mathematics based on UKBM was high, and the learning outcomes were also high. Individually and classically, there is a positive relationship between self-confidence and learning outcomes. Therefore, learning mathematics based on UKBM needs to be developed and applied in various types and levels of schools.

 


Keywords


hasil belajar; Self-confidence; unit kegiatan belajar mandiri (UKBM)

References


Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Apollo. (2018). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Tabularasa, 3(1).

Apriliarini, D. (2015). Peningkatan Percaya Diri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thingking Pair Share Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri Serang Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(30), 77–87.

Astuti, E. P., Kurniasih, N., & Nugraheni, P. (2016). Pengaruh Readiness dan Self-Confidence terhadap Penguasaan Geometri Transformasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.4

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mndiri.

Effendi, M. M. (2019). Analysis of Humanist Education on VHS Mathematics Curriculum. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 349(Iccd), 339–341. https://doi.org/10.2991/incomed-17.2018.1

Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 52–60. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.424

Indonesia, R. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Irwantha, M. D., Ayu Putu Sriasih, S., & Nurjaya, I. G. (2017). Penggunaan unit kegiatan belajar mandiri oleh Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X Mipa 2 Sma Negeri Bali Mandara. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 12.

Isroila, A., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Muharrami, L. K. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal of Natural Science Education Research, 1(1), 1–8. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4151

Komari Pratiwi, N. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, Vol. 1(No 2), 75-105.

Majid, M. I., & Linuwih, S. (2019). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Materi Usaha dan Energi Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. UPEJ: Unnes Physics Education Journal, 8(3), 228–238.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa: Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 28–33.

Nurkholifah, S., Toheri, & Winarso, W. (2018). Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Edumatica, 08(01), 58–66. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/325094014_HUBUNGAN_ANTARA_SELF_CONFIDENCE_DENGAN_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS_SISWA_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA

Ratulangi, T., & Arsyad, N. (2016). Analisis Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Matematik Menurut Kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Sopai Kabupaten Toraja Utara. JURNAL DAYA MATEMATIS, 4(1), 13–20.

Relita, D. T., & Regina, F. (2015). Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI S ekolah Menengah Atas KaryaSekadau Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Profit, 2(2), 122–130.

Santosa, P. M. (2018). Peningkatan Percaya Diri Siswa Menggunakan Metode Bermain. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 38(7), 3.745-3.754.

Setiyorini, E. (2016). Factors Relating Concentration Level of the First Semester Nursing Students of STIKes Patria Husada Blitar. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 3(3), 247–252. https://doi.org/10.26699/jnk.v3i3.art.p247-252

Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 01, 73–84.

Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (self confidence) Berbasis Kaderisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unoversitas Muhammadiyah Pare-Pare). Jurnal Biotek, 5(1), 87–102. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/viewFile/3448/3243

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Wiharni, E., Amin, M., & Lestari, S. R. (2018). UKBM in Enhancing Students ’ Scientific Literacy Skills on Kingdom Plantae Materials. Jurnal Pendidikan Sains, 6(3), 67–71.

Wulandari, & Sinambela, N. (2017). Hubungan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Basedlearning Di Man Kisaran. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8992




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: