EFEK PEMBELAJARAN TAMBAHAN MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA MATA KULIAH KALKULUS

Sufri Mashuri, Akbar Nasrum

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah ingin melihat efek dari pemberian pembelajaran tambahan terdahap pemahaman materi Kalkulus. Selain itu juga ingin melihat kemampuan Schoology dalam hal pengelolaan kelas online, baik dalam diskusi, kemampuan berkirim pesan, pemberian materi, tugas dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model desain post test only control group design. Untuk menguji efek yang dihasilkan dari pembelajaran tambahan menggunakan Schoology, diambil dua kelompok kelas mahasiswa pendidikan matematika Angkatan 2017 Universitas Sembilanbelas November Kolaka yang mempunyai kemampuan relatif sama dan homogen, kemudian masing-masing diuji menggunakan aplikasi Schoology. Data yang diperoleh dari hasil ujian dianalisis menggunakan statistik deskriftip dan inferensial. Mahasiswa yang mendapat pembelajaran tambahan mempunyai pemahaman konsep materi yang lebih baik dibandingkan mahasiwa yang tidak mendapat pembelajaran tambahan. Selisih rataan pemahaman konsep mereka sebesar 31,89. Hasil inferensi statistik membuktikan bahwa perbedaan tersebut sangat signifikan. Oleh karena itu disimpulkan bahwa pemberian tambahan belajar bagi mahasiswa pada materi Kalkulus dapat meningkatkan pemahaman materi bagi mereka. Selain itu, Schoology yang merupakan sosial medianya para pelajar dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dengan meningkatnya motivasi belajar, proses belajar menjadi lebih efektif sehingga implikasi terhadap pemahaman materi menjadi lebih baik.

 

Abstract

The purpose of this study is to look at the effects of providing additional learning in an understanding of Calculus material. It also wants to see the ability of Schoology in terms of online classroom management, both in discussions, the ability to send messages, giving materials, assignments, and others. This research is an experimental study with a post-test only control group design. To test the effects resulting from additional learning using Schoology, two groups of Class 2017 Mathematics education students at the Nineteen November University Kolaka, who had relatively the same and homogeneous abilities, were taken. Each was tested using the Schoology application. Data obtained from the test results were analyzed using descriptive and inferential statistics. Students who receive additional learning have a better understanding of the concept of material than students who do not receive further knowledge. The difference between their mean understanding of the idea was 31.89. The statistical inference results prove that this difference is very significant. Therefore it is concluded that providing additional learning for students in calculus material can improve their understanding of the material. Besides, Schoology, which is social media for students, can increase student motivation to learn. With an increased motivation to learn, the learning process becomes more effective so that the implications for understanding the material are better.


Keywords


Calculus; Schoology;Kalkulus

References


Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13–29.

Ardianti, S., Sulisworo, D., & Pramudya, Y. (2019). Efektivitas Blended Learning Berbasis Pendekatan Stem Education Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Pada Materi Fluida Dinamik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 240–246. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.67

Bano, M., Zowghi, D., Kearney, M., Schuck, S., & Aubusson, P. (2018). Mobile learning for science and mathematics school education: A systematic review of empirical evidence. Computers and Education, 121(February 2017), 30–58. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.006

Caligaris, M. G., Schivo, M. E., & Romiti, M. R. (2015). Calculus & GeoGebra, an Interesting Partnership. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1183–1188. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.735

Crompton, H., & Burke, D. (2018). The use of mobile learning in higher education: A systematic review. Computers and Education, 123, 53–64. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.04.007

Firmansyah, B. H. (2015). Pengembangan Blended Learning berbasis Schoology. Teknologi Pembelajaran, 109(1), 5–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Haryanto, S. (2018). Kelebihan Dan Kekurangan E-Learning Berbasis Schoology. Prosiding Seminar Nasional Geotik, 2016, 106–110.

Kartika Murni, C. (2016). Pengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Perangkat Keras Jaringan Kelas X Tkj 2 pada SMK Negeri 3 Buduran, Sidoarjo. It-Edu, 1(01), 86–90.

Nasrum, A., & Herlina, H. (2019). Developing of Calculus Teaching Materials Based on Audiovisual. Infinity Journal, 8(2), 209. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p209-218

Purwaningsih, R., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Learing Dengan Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4), 51–61.

Putri, N. W. M. A., Jampel, N., & Suartama, K. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Seririt. Jurnal EDUTECH Undiksha, 2(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3796

Rosalina, M. (2018). Analysis The Use of Schoology E-Learning Towards Students’ Learning Motivation Enhancement in STKIP Surya. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 89. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.614

Saputri, O. D., & Rahmawati. (2019). Peran Guru dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (LES) Bagi Peserta Didik Di Luar Jam Pelajaran Sekolah sebagai Wujud Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 493–504.

Ulva, N. L., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). Penerapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 96. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6453

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning dengan Schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: