PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Heriyadi Heriyadi, Rully Charitas Indra Prahmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada materi kubus dan balok yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research tipe development studies, yang terdiri atas dua tahap yaitu prelimininary design dan formative evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian, walkthrough, dokumen dan tes kemampuan literasi matematika. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Banguntapan untuk menghasilkan LKS menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi kubus dan balok yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan literasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS telah valid dari kualitas materi maupun kualitas media dengan kriteria baik, berdasarkan komentar ahli pada tahapan expert review dan one to one. Selanjutnya, implementasi LKS pada tahap small group dan field test menunjukkan kepraktisan LKS dengan kriteria baik. Hal ini terlihat dari LKS yang dapat dikenali siswa, mudah dibaca, serta siswa dapat dengan mudah menggunakan alat dan bahan yang diberikan untuk menyelesaikan setiap tahapan kegiatan pada LKS. Terakhir, efek potensial dari LKS diperoleh pada tahapan field test yang menunjukkan bahwa siswa mampu mengerjakan soal level 4 dari 6 level kemampuan literasi matematika, sehingga LKS ini berpotensi untuk menumbuhkan kemampuan literasi siswa sampai level 4.

 

Abstract

This study aims to produce a Student Worksheet (SW) using a Realistic Mathematics Education approach for cube and cuboid subjects that is valid, practical, and has a potential effect on students' mathematical literacy abilities. The research method used in this research is design research with the type of development studies, which consists of two stages, namely preliminary design and formative evaluation. Data collection techniques used include assessment sheets, walkthroughs, documents and tests of mathematical literacy abilities. This study involved eighth-grade students of SMP Muhammadiyah Banguntapan to produce worksheets using a realistic mathematics education approach for cube and cuboid subject that is valid, practical, and has a potential effect on mathematical literacy abilities. The results show that the worksheets were valid in terms of subject and media quality with a good criterion, based on expert comments at the expert review and one to one stage. Furthermore, the implementation of SW in the small group and field test stages shows the practicality of SW with a good criterion. It can be seen from the worksheets that can be recognized by students, easy to read, and students can easily use the tools and materials provided by researchers to complete each stage of activities in the worksheets. Finally, the potential effect of the worksheet is obtained at the field test stage which shows that students are able to work on level 4 questions of mathematical literacy ability so that this worksheet has the potential to emerge students' literacy skills up to level 4.


Keywords


Student Worksheet; Design Research; Mathematics Literacy; Cube and Cuboid

References


Andari, T., & Komsiatun, E. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 155-160.

Anisah, A., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-15.

Basuki, W. A., & Wijaya, A. (2018). The Development of Student Worksheet Based on Realistic Mathematics Education. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012112.

Budiono, C. S. (2014). PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3), 210-219.

Buyung, B., & Dwijanto, D. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 112-119.

Damayanti, N. K. A., Suarsana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa melalui Penerapan Collaborative Learning Model. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 11(1), 33-42.

Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis PMRI pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 28-41.

Febriya, S., Pranata, O. H., & Apriliya, S. (2015). Pengembangan Lembar Kerja siswa pada Materi Keliling Lingkaran dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 259-269.

Fiad, U., Suharto, & Kurniati. (2017). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 12 Jember dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape. Kadikma, 8(1), 72-78.

Haryani, S., Wardani, S., & Prasetya, A. T (2015). Development of Chemsitry Teacher Professionalism through Pedagogical Content Knowledge Training. Sainteknol, 14(2), 139-150.

Kemdikbud. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khikmiyah, F., & Midjan. (2016). Pengembangan Buku Ajar Literasi Matematika untuk Pembelajaran di SMP. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 1(2), 15-26.

Khoirudin, A., Setyawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. Jurnal Aksioma, 8(2), 33-42.

Kusuma, B. J., Wardono, W., & Winarti, E. R. (2016). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik pada Pembelajaran Realistik Berbantuan Edmodo. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 199-206.

Larasati, Rangga, S., Rianasari, & Fitri, V. (2017). Mathematical Literacy Profile of Grade VIII Students of SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta using Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Approach. International Journal of Indonesian Education and Teaching (IJIET), 1(1), 62-72.

Lestari, I., Prahmana, R. C. I., & Wiyanti, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 45-50.

Mahdiansyah & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.

Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik berdasarkan Kerangka Teori Program for International Students Assessment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 455-466.

Maulana, A. & Hasnawati. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 1-14.

OECD. (2016). PISA 2015 Assesement and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Finacial Literacy. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. New York: Columbia University.

OECD. (2019). Indonesia - Country Note - PISA 2018 Results. https://www-oecd-org.proxy.library.uu.nl/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf.

Ose, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 101-108.

Prahmana, R. C. I. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Jakarta: Rajawali Pers

Purwasih, R., Sari, N., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy, 5(1), 67-76.

Santi, D., Sugiarti, T., & Kristiana, A. I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP. KadikmA, 6(1), 85-94.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015, (Hal. 713-720). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyaningsih, H., Wardono, & Prabowo, A. (2017). Keefektifan Pendekatan PMRI Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 44-51.

Shoffa, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMR pada Pokok Bahasan Jajargenjang dan Belahketupat. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 9(3), 43-58.

Sholahudin, U. (2018). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SDN 03 Cimaung Serang. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 66-73.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP ditinjau dari Gaya Belajar. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-240.

Tessmer, M. (1993). Planning, and Conducting - Formative Evaluations. London: Kogan Page.

Wahyuni, D., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 32-40.

Wardono & Kurniasih, A. W. (2015). Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. Jurnal Kreano, 6(1), 93-100.

Wati, T., Zulkardi, & Susanti, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar PMRI Topik Literasi Finansial pada Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 22-34.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulkardi & Putri, R. I. I. (2010). Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan (JIPP), 2(1), 1-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: