PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE KOOPERATIF DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Budi Murtiyasa, Widi Hayuningtyas

Abstract


Penelitian bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh strategi pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika, (2) menganalisis pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu. Sampel diambil 2 kelas yang diberi perlakuan dengan strategi STAD dan strategi TGT. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran STAD lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran TGT. (2) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kreativitas rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika.


Keywords


hasil belajar matematika; kreativitas siswa; STAD; TGT

References


Alabekee, E. C., Samuel, A., & Osaaat, S. D. (2019). EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING STRATEGY ON STUDENTS LEARNING EXPERIENCE AND ACHIEVEMENTS IN MATHEMATICS. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ayuni, P., Mardiyana, & Riyadi. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Geogebra Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri Se-Kabupaten Kudus. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(3), 270–280.

Haryani, D., Amelia, F., & Yulia, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Stad Dan Tgt Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Mts Usb Sagulung Batam. Pythagoras, 3(2), 40–45.

Jahring, Armiana, & Nasrum, A. (2017). Comparative Study Of Mathematics Learning Students Outcomes Taught By Cooperative Learning Model Teams Games Tournament Type ( Tgt ) And Talking Stick Type ( Ts ). Journal of Mathematics Education, 2(20), 59–65.

Ling, W. N., Ghazali, M. I., & Raman, A. (2016). The Effectiveness of Student Teams Achievement Division (STAD) Cooperative Learning on Mathematics Comprehension Among School Students. Internasional Journal of Advanced Research and Development, 2(4), 30–35.

Murtiyasa, B., Rejeki, S., Setyaningsih, R., & Merdekawati, A. (2019). Students’ Thinking in Solving Geometric Problems Based on PISA Levels. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1), 6–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012068

Nurafifaeni, A., Triyanto, & Chrisnawati, H. E. (2018). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. (3), 179–186.

Puspitasari, D., Muliawanti, S., Gunawan, & Sairan. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Sma Muhammadiyah 1 Purwokerto. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1731

Rakhmawati, R. (2015). Upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Amuntai tahun pelajaran 2013/2014 melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 116–123. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.12

Rattanatumma, T. (2016). Assessing the Effectiveness of STAD Model and Problem Based Learning in Mathematics Learning Achievement and Problem Solving Ability. Journal of Education and Practice, 7(12), 194–199.

Salam, A., Hossain, A., & Rahman, S. (2015). Teams Games Tournaments ( TGT ). Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary Schools in Bangladesh. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 3(3), 271–287. https://doi.org/10.4471/redimat.2015.1519

Saragih, S., & Napitupulu, E. (2015). Developing student-centered learning model to improve high order mathematical thinking ability. International Education Studies, 8(6), 104–112. https://doi.org/10.5539/ies.v8n6p104

Sepriyanti, N., Nofadila, Marhamah, Kustati, M., & Sabri, A. (2019). Utilization of students team achievement division and team game tournament: Effective ways to increase students’ mathematics ability. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(4), 80–85.

Siswono, T. Y. E., Hartono, S., Kohar, A. W., Karim, K., & Lastiningsih, N. (2019). How do prospective teachers manage students’ learning of mathematics? TEM Journal, 8(2), 677–685. https://doi.org/10.18421/TEM82-49

Vahlia, I. (2014). Ekperimentasi Model Pembelajaran Discovery dan Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 3(2), 43–54. https://doi.org/10.24127/ajpm.v3i2.11

Veloo, A., Md-Ali, R., & Chairany, S. (2016). Using cooperative teams-game-tournament in 11 religious school to improve mathematics understanding and communication. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 13(2), 97–123. https://doi.org/10.32890/mjli2016.13.2.4

Wilda, Salwah, & Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 134–144.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: