EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI NUMBER SMART

Ririn Cahyani AS, Ruhban Masykur, Siska Andriani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan di SMP Negeri 7 Kotabumi bahwa kemampuan komunikasi matematis masih rendah, kemampuan peserta didik yang sulit untuk mengerjakan soal matematika, serta proses pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga pembelajaran yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik,(2)  mengetahui pengaruh peserta didik yang memiliki kategori number smart yang tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik, dan (3)mengetahui antara perlakuan pembelajaran dengan kategori number smart peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Teknik Uji prasyarat adalah normalitas, homogenitas, uji N-Gain . Uji hipotesis menggunakan uji anava dua arah dan uji scheffe. Hasil penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. (2) Tidak terdapat pengaruh peserta didik yang memiliki kategori number smart tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi operasi bentuk aljabar. (3) Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry dengan kategori number smart terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi operasi bentuk aljabar.

 

Abstract

The purpose of this study is (1) to determine the effect of Peer Led Guided Inquiry (PLGI) learning models on students' mathematical communication skills, (2) determine the effect of students who have high, medium, and low number smart categories on mathematical communication skills students, and (3) determine the learning treatment between the student number smart category to the students' mathematical communication skills.The method used in this research is quantitative methods. Data analysis techniques used are validity, level of difficulty, distinguishing power, and reliability. The prerequisite test techniques are normality, homogeneity, and N-Gain test. Hypothesis testing using two-way anova test and scheffe test. The results of this study are to show that (1) there is an effect of the Peer Led Guided Inquiry learning model on students' mathematical communication skills. (2) There is no effect of students who have high, medium, and low number smart categories on the mathematical communication skills of students on algebraic form operating material. (3) There is no interaction between the treatments of the Peer Led Guided Inquiry learning model with the number smart category to the mathematical communication skills of the algebraic form operating material.


Keywords


Mathematical Communication Skills; Peer Led Guided Inquiry Learning Model; Smart Number

References


Andriani, S. (2015). Evaluasi CSE-UCLA pada Studi Proses Pembelajaran Matematika Siska Andriani. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 167–175.

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry Bambang. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11–20.

Argikas, T. B., & Khuzaini, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Depok. Jurnal Mercumatika, 1(1).

Darmawan, R. N., & Cahyani, L. (2017). Pengembangan Software Pembelajaran Berbasis Visual Basic Pada Materi Invers Matriks. Aksioma, 6(1), 1.

Farida. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristic Vee terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 111–120.

Fitriyani, D., Darwis, Z., & Kartika, I. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Sets Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 67.

Haji, S., & Abdullah, M. I. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Infinity Journal, 5(1), 42–49.

Jafar, R. A., Side, S., & Maryono. (2018). Pengaruh Metode Everyone is A Teacher Here Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 18 Makassar pada Materi Pokok Ikatan kimia. Jurnal Chemica, 19(1), 37.

Lestari, A. E., Susilowati, E., & Mulyani, B. (2019). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran GIPS (Guided Inquiry Problem Solving) dan PLGI (Peer Led Guided Inquiry) Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Pada Materi Hidrolisis Kelas XI IPA SMA N 1 Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 280.

Maiyarni, R., Rery, R. U., & Susilawati. (2018). Penerapan model pembelajaran peer led guided inquiry (LPGI) untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan larutan penyangga dikelas XI MIA SMAN 1 pekanbaru. JOM FKIP, 5(2), 2.

Muharom, T. (2014). Pengaruh pembelajaran dengan model tipe Student Teams Achivement Division (STAD) terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik di SMK Negeri Manojaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1.

Nahdiah, L., Mahdiah, & Hamid, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI PMIA SMAN 3 Banjarmasin. Journal of Chemestry And Education, 1(1), 85.

Niana, R., Sarwanto, & Ekawati, E. Y. (2016). The Application of Guided Inquiry Model On Physic Learning To Improve Scientific Attitude And Students’ Analysis Ability. Proceeding The 2nd International Conference On Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2(1), 605.

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–109.

Wahyuni, D., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Aksioma, 8(1), 32.

Yanti, N., Fuadiah, N. F., & Septiati, E. (2020). Analisis Learning Obstacle Pembelajaran Luas Belah Ketupat untuk kelas VII SMP. Aksioma, 11(1), 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: