PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR

Muhammad Syahrul Kahar, Zakiyah Anwar, Dimas Kurniawan Murpri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kota Sorong dengan berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki – laki dan 12 siswa perempuan dengan desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus, pada siklus ke I dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, 3 kali pertemuan untuk kegiatan pembelajaran sedangkan 1 kali pertemuan untuk tes hasil belajar, penerapan tindakan dengan model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw. Sedangkan siklus ke II dilakukan tindakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa meningkatnya hasil belajar matematika siswa  pada siklus ke I  mencapai 21 siswa (70%) dengan nilai rata – ratanya 77,60 pada kategori cukup, sedangkan pada siklus ke II siswa yang tuntas belajarnya mencapai 27 siswa (90%)  dan nilai rata – ratanya 83,13. Adapun hasil aktivitas siswa menunjukkan rata – rata skor yang awalnya 3.51 kemudian dilakukan tindakan menjadi 3.89, hal ini terlihat pada hasil uji regresi yang menunjukkan adanya pengaruh yang nyata antara aktivitas siswa terhadap hasil belajar dengan taraf signifikansi 0,210 dengan t sebesar 1,282. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw mampu memberikan dampak terhadap peningkatan hasil belajar matematika. Disisi lain model ini juga berimplikasi pada adanya perubahan sikap siswa ketika mengikuti proses pembelajaran yang secara langsung memberikan manfaat bagi hasil belajar.

 

Abstract

This study aims to describe the effect of the Jigsaw Cooperative Learning Model on improving student mathematics learning outcomes. The subjects of this study were students of class VIII B of SMP Negeri 1 Sorong with a total of 30 students consisting of 18 male students and 12 female students with a research design using Classroom Action Research (CAR). The procedure of implementing the action at the research site divided into two cycles, in the first cycle, there were four meetings, three meetings for learning activities while one meeting for the test of learning outcomes, the application of action with the Cooperative Learning Jigsaw type learning model. Whereas the second cycle carried out as many as 4 meetings. Data collection was done through observation sheets and tests. The results showed that the increase in mathematics learning outcomes of students in the first cycle reached 21 students (70%) with an average value of 77.60 in the sufficient category, whereas in the second cycle students who completed their learning reached 27 students (90%) and the grades the average is 83.13. The results of student activity showed an average score, which was initially 3.51 and then taken action to 3.89. This seen in the results of the regression test that showed a significant effect between student activity on learning outcomes with a significance level of 0.210 with a t of 1.282. Therefore, it can be concluded that the Jigsaw Cooperative Learning Model can have an impact on improving mathematics learning outcomes. On the other hand, this model also has implications for changes in student attitudes when following the learning process which directly benefits the learning outcomes.


Keywords


Model Pembelajaran; Kooperatif tipe jigsaw; hasil belajar

References


Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, N. (2015). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 2 Bumiratu Nuban Tahun Pelajaran 2014/2015. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 78–91. https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007

Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa Sma. Infinity Journal, 2(2), 194. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.35

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 49. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1738

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Hakim, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Vol. 14, Issue 1, pp. 9–14). https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.170

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 53–57. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1104

Husnaeni. (2016). The Enhancement of Mathematical Critical Thinking Ability of Aliyah Madrasas Student Model Using Gorontalo by Interactive Learning Setting Cooperative Model. Journal of Education and Practice, 7(8), 159–164. http://ezproxy.stir.ac.uk/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1095328&site=ehost-live

Juniati, E. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas Vi Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291

Kahar, M S. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi wujud zat dan perubahannya terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMP Negeri 21 Makassar. Jurnal Scientific Pinisi, 2(2), 110–116.

Kahar, M S. (2017). Analisis Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga Neraca Cavendish. SEJ (Science Education Journal), 1(2), 73. https://doi.org/10.21070/sej.v1i2.1177

Kahar, M S. (2018). Motivation Analysis Learning in The Implementation of Physics Practicum. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 1–6. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/2285/1858

Karacop, A. (2017). The Effects of Using Jigsaw Method Based on Cooperative Learning Model in the Undergraduate Science Laboratory Practices. Universal Journal of Educational Research, 5(3), 420–434. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050314

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Khoiri, A., Nasihah, U., & Kahar, S. (2017). Analisis Prestasi Belajar Fisika Berpendekatan SETS di Tinjau dari Motivasi Berprestasi. JRKPF UAD, 4(2), 83–89.

Mappeasse, M. Y. (2010). Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller ( Plc ) Siswa Kelas Iii Jurusan Listrik Smk Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1, 1–6.

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.17509/EH.V7I2.2709.G1764

Miaz, Y. (2015). Improving Students’ Achievement of Social Science By Using Jigsaw Cooperative Learning Model at Primary School. IOSR Journal of Research & Method in Education Ver. II, 5(4), 2320–7388. https://doi.org/10.9790/7388-05420107

Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 Smp Negeri 2 Tuntang - Semarang. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 41. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53

Mulyati, S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Berbantuan Media Bagan Pecahan Di Kelas Iii Sdn Kalisari 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 3(1), 13–19.

Nasruddin, N., & Abidin, Z. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 113. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3557

Novianti, I. (2013). The Application of Cooperative Learning Model-Jigsaw Type in Learning Mathematics. Asian Journal of Education and E-Learning, 01(05), 2321–2454. www.ajouronline.com

Nurhaeni, Y. (2011). Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Ix Smpn 43 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 77–89.

Putri, A. W. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Siswa (Visual, Kinestik, dan Auditorial) Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Universitas Negeri Surabay, 1–21.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 13–23. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118

Richardo, R. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) terhadap Hasil Belajar Matematika berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Edu Research, 4(1), 35–42.

Rohmat, Hakim, L., & Canda Sakti, N. (2019). Implementation of Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Improve Economics Learning Results. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 358–365. https://doi.org/10.24331/ijere.573871

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing critical-thinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12169a

Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196(2), 1–38. https://doi.org/10.1177/002205741619600202

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sitinjak, A. A., & Mawengkang, H. (2018). the Difference of Students’ Achievement in Mathematics By Using Guided-Discovery Learning Model and Cooperative Learning Model Jigsaw Type. Infinity Journal, 7(1), 45. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p45-54

Suendarti, M. (2017). The Influence of Jigsaw Learning Model on the Ability of Resolution Natural Science of Middle East Junior High School Students Indonesia. International Journal of Environmental & Science Education, 12(7), 1617–1622. http://www.ijese.net/makale/1927

Suweken, G. (2013). Pengintegrasian Media Pembelajaran Virtual Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 6 Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 276–285. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2172

Widodo, & Widayanti, L. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Wilujeng, S. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Teams Games Tournament (Tgt). Journal of Elementary Education, 2(1), 45–53.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar the Effect of Problem-Based Learning on the Learning Outcomes Seen From Motivation on the Subject Matter. Pendidikan Teknik Informatika FT UNY, 3(2), 178–191.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: