PROFIL BERPIKIR KRITIS CALON GURU MATEMATIKA DALAM PEMBUKTIAN TEOREMA GEOMETRI

Siti Lailiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan berpikir kritis mahasiswa calon guru matematika dalam membuktikan teorema geometri. Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 terpenting yang dibutuhkan dunia kerja atau dunia industri, salah satunya adalah berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif dengan tiga subjek penelitian mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Ampel Surabaya. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes tulis dan wawancara yang selanjutnya data dikelompokkan dan dianalisis sesuai dengan indikator berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan: (1) dua subjek dapat menuliskan dan menyebutkan apa yang dibuktikan pada masalah tersebut namun sebagian benar dan sebagian salah, hanya satu subjek yang menuliskan dengan benar dan lengkap, (2) semua subjek menggambarkan segitiga dengan benar dan simbol-simbol matematika yang ditulis tepat, (3) semua subjek dapat membuktikan teorema dengan cara benar dan sistematis, dan (4) dua subjek melakukan pengecekan kembali namun pengecekannya tidak lengkap dan tidak sistematis, sedangkan satu subjek tidak melakukan pengecekan pembuktian teorema. Jadi dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis mahasiswa calon guru matematika pada penelitian ini dalam membuktikan teorema geometri termasuk kategori sangat baik.

Abstract

The purpose of this study is to describe the critical thinking of prospective mathematics teacher students in proving the geometry theorem. Critical thinking is one of the most important 21st-century skills needed by the world of work or industry, one of which is critical thinking. This type of research is a qualitative descriptive study with three research subjects mathematics education students of UIN Sunan Ampel Surabaya. The instrument of this study consisted of written tests and interviews in which the data were grouped and analyzed according to indicators of critical thinking. Based on the results of data analysis, it is found: (1) two subjects can write down and mention what is proven on the problem but some are correct and some are wrong, only one subject writes correctly and completely, (2) all subjects draw triangles correctly and mathematical symbols are written correctly, (3) all subjects can prove theorems correctly and systematically, and (4) two subjects re-check but the checks are incomplete and not systematic, while one subject does not verify the theorem. So it can be concluded that the critical thinking of prospective mathematics teacher students in this study in proving the geometry theorem is very good.


Keywords


Berpikir kritis; pembuktian; teorema geometri

References


Alismail, H. A., & McGuire, P. (2015). 21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice, 6 (6), 150-154.

Andriani, D. E. (2012). Program Peningkatan Mutu Guru Berbasis Kebutuhan. Manajemen Pendidikan, 23 (5), 395-402.

Arnentis, Y. F., & Asmawati, W. (2015). Analisis keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau dalam Perkuliahan Teknik dan Manajemen Laboratorium. Jurnal Biogenesis, 12 (1), 47.

Basri, H., & Purwanto, A. A. (2019). Investigating Critical Thinking Skill of Junior High Scholl in Solving Mathematical Problem. International Journal of Instruction, 12 (3), 745-758.

Bustami, Y., Suarsini, E., & Ibrohim. (2019). Profil ketermapilan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Perkuliahan Zoologi. Jurnal Bioedukatika, 7 (1), 59-66.

Febrilia, B. R., Juliangkary, E., & Korida, B. D. (2019). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Soal Statistika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (3), 528-541.

Griffin, P., & Care. (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Methods and Approach. New York: Springer.

Hidayah, R., Salim, M., & McGuire, P. (2017). Critical Thinking Skills: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 1 (2), 127-133.

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6 (2), 234-245.

Karakoç, M. (2016). The Significance of Critical Thinking Ability in Terms of Education. International Journal of Humanities and Social Science, 6 (7), 81-84.

Khamidah, K., & Suherman. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari kepribadian Keirsey. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2), 231-248.

Lailiyah, S., Nusantara, T., Sa'dijah, C., & Irawan, E. B. (2015). Proses Berpikir Versus Penalaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (hal. 1019-1023). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Maharani, R., Rasiman, & Rahmawati, N. D. (2019). Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan SOal Matematika Berbentuk Cerita. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (4), 67-71.

Murawski, L. (2014). Critical Thinking in The Clasroom... And Beyond. Journal of Learning in Higher Education, 10 (1), 25-30.

Partnership21. (2011). 21st Century Skills Map Designed in Cooperation With The Nation's Math Educator. Washington DC: One Massachusetts Avenue NW Suite.

Prayitno, A. (2018). Characteristics of Students' Critical Thinking in Solving Mathematics Problems. The Online Journal of New Horizons in Education, 8 (1), 46-55.

Rasiman. (2015). Leveling of Critical Thinking Abilities of Students of Mathematics Education in Mathematical Problem Solving. IndoMS-JME (IndoMS-Journal of Mathematics Education), 6 (1), 40-52.

Santosa, C. A. (2013). Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Ketika Melakukan Pembuktian Matematis Formal. Jurnal Pengajaran MIPA, 18 (2), 152-160.

Suandi, B. (2017). Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (1), 13-24.

Tican, C., & Deniz, S. (2018). Pre-service Teachers’ Opinions about the Use of 21st Century Learner and 21st Century Teacher Skills. European Journal of Educational Research, 8 (1), 181-197.

Wijaya, Y. E., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Global. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 1 (hal. 263-278). Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.

Yerizon. (2011). Peningkatan Kemampuan Pembuktian dan Kemandirian Belajar Matematik Mahasiswa Melalui Pendekatan M-Apos. Bandung: Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: