SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN HIGH ORDER THINKING MATHEMATICS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWERE GEOGEBRA

Ratni Purwasih, Ratna Sariningsih, Indah Puspita Sari

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian terkait kemampuan self efficacy  matematis siswa SMP pada dua kelas.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara penerapan pembelajaran worksheet berbasis softwere Geogebra terhadap kemampuan self efficacy matematis siswa ditinjau kemampuan awal matematis (KAM) siswa.  Melalui metode quasi eksperimen dengan desain pre test-post test, penelitian ini melibatkan 72 siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan peningkatan  rata-rata kemampuan self efficacy matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis (KAM). Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peranan kemampuan self efficacy matematis antara kelas konvensional dan kelas eksperimen dari kemampuan awal siswa. Hal ini menunjukan bahwa peranan pembelajaran matematika berbasis softwere Geogebra mampu meningkatkan self efficacy siswa dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan softwere Geogebra.

 

Abstract

This article is the result of research related to the mathematical self efficacy of junior high school students in two classes. This study aims to determine the interaction between the application of Geogebra softwares-based worksheet learning on students 'mathematical self efficacy abilities in terms of students' initial mathematical abilities. Through the quasi-experimental method with the pre-post-test design, this study involved 72 middle school students. The results showed a difference in the average increase in mathematical self efficacy abilities in terms of initial mathematical abilities (KAM). The results of the study also showed the role of mathematical self efficacy abilities between conventional classes and experimental classes from students' initial abilities. This shows that the role of Geogebra software-based mathematics learning can improve students' self-efficacy compared to learning without using Geogebra software.


Keywords


Geogebra; high order thinking mathematics; self efficacy

References


Anwar, A., & Santosa, R.H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Ditinjau Dari Prestasi Belajar Dan Self-Efficacy Matematika Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49-57.

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225-233.

Aulia, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Self Efficacy Matematik Siswa SMP Melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Numeracy, 5(2).

Hutagalung, D.D. (2016). .Hubungan Self Efficacy Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mercumatika, 1(1), 34-43.

Junaidi. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra Di Smp Negeri 1 Mila. Jurnal Numeracy, 5(2), 184-193.

Lusiana, R., Susanti, V.D., & Andari, T. (2019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 354-361.

Mareta, Y. dan Kusumawati,D. (2014). Pendekatan Hands on Actifity melalui Modified Inquiry untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Kelas XI SMAN TUBAN Pada Materi Pokok Laju Reaksi. Electronic Journal : Unesa Journal of Chemical Education, 3(1), 70-75.

Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker disertai Nilai Islam pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262-269.

Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191 – 202.

Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “Self Efficacy” dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa. Jurnal Psikologi. Mimbar, 28(1),103-112

Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah di Tinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323-332.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 163-177.

Siregar, Y.A., & Sukatno. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Sikap Positif Terhadap Prestasi Akademik Siswa SMK Negeri 1 Sipirok. MES (Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 22-29.

Šorgo, A. (2010). Information and Communication Technologies (ICT) in Biology Teaching in Slovenian Secondary Schools. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 6(1), 37-46.

Sugiharti, S.D., Supriadi, N., & Andriani, S. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7e Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 41-48.

Widoratih, K., Enawaty, E., Lestari, I. (2016). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(9).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: