MODUL GEOMETRI RUANG BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS PEMECAHAN MASALAH

Rina Febriana, Radhya Yusri, Hafizah Delyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas pemecahan masalah setelah menerapkan Modul Geometri Ruang berbasis Problem Based Learning. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 25 orang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Tes yang digunakan berbentuk essay dan memuat indikator kemampuan pemecahan masalah. Angket yang digunakan pada penelitian ini merupakan angket tertutup yang terdiri dari 13 butir pertanyaan. Teknik análisis yang dilakukan adalah analisis kuantitatif untuk kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dan deskriptif untuk melihat tingkat berpikir kreatif mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah mahasiswa sudah baik dilihat dari rata-ratanya 78,6, serta mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap pemecahan masalah. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Modul Problem Based Learning  mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dan mendukung kreativitas mahasiswa dalam menyelesaikan masalah

 

Abstract

This study aims to determine the ability of students to solve problems after applying the Problem Based Learning Geometry Module. The number of samples in this study was 25 students of STKIP PGRI Mathematics Education Study Program in West Sumatra. The instruments used were tests and questionnaires. The test used is in the form of essays and contains indicators of problem solving ability. The questionnaire used in this study was a closed questionnaire consisting of 13 questions. The analysis technique used is quantitative analysis for students' problem solving skills and descriptive to see the level of creative thinking of students in solving problems. The results showed that generally there was a significant increase between the pretest and posttest scores, and students gave positive responses to creative problem solving. So, it can be concluded that the use of the Problem Based Learning Module was able to support student creativity in solving problems.


Keywords


Geometry; Creativity; Problem based learning; Problem Solving

References


Althuizen, N., & Wierenga, B. (2014). Supporting creative problem solving with a case-based reasoning system. Journal of Management Information Systems, 31(1), 309-340.

Febriana, R., Haryono, Y., & Yusri, R. (2017). Effectiveness of Discovery Learning-Based Transformation Geometry Module. In Journal of Physics: Conference Series, 895(1), (p.012003). IOP Publishing.

Hamidah, K., & Suherman, S. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231-248.

Hargrove, R. A., & Nietfeld, J. L. (2015). The impact of metacognitive instruction on creative problem solving. The Journal of Experimental Education, 83(3), 291-318.

Kim, S., Choe, I., & Kaufman, J. C. (2019). The development and evaluation of the effect of creative problem-solving program on young children's creativity and character. Thinking Skills and Creativity, 33:100590.

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 155-166.

Mitchell, I. K., & Walinga, J. (2017). The creative imperative: The role of creativity, creative problem solving and insight as key drivers for sustainability. Journal of Cleaner Production, 140, 1872-1884.

Nadjafikhah, M., Yaftian, N., & Bakhshalizadeh, S. (2012). Mathematical creativity: some definitions and characteristics. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 31, 285-291.

Prabowo, A., & Sidi, P. (2010). Memahat Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. In Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education: Join Conference UPI & UPSI Bandung (pp. 165-177).

Sari, S. (2014) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2).

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. ZDM, 29(3), 75-80.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “isu-isu strategis pembelajaran MIPA Abad 21. Kalimantan Barat: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: