PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS

Tunggal Suprianto(1*), Sri Hastuti Noer(2), Undang Rosidin(3),

(1) 
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan model pembelajaran group investigation berbantuan soal open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan seluruh siswa kelas VIII A berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol di SMP Muhammadiyah 1 Metro. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan validasi ahli pembelajaran, media dan materi, angket respon siswa, angket tanggapan guru, dan hasil tes pembelajaran. Perangkat pembelajaran berdasarkan kemampuan berpikir reflektif matematis dalam sistem persamaan linear dua variabel dinyatakan valid. Hasil angket respon siswa terhadap model pembelajaran group investigation berbantuan soal open ended mendapat kategori penilaian sangat praktis dan angket tanggapan guru dengan kategori sangat praktis. Hasil tes belajar siswa dianalisis dengan uji hipotesis N-gain, Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa pengembangan model pembelajaran group investigation berbantuan soal open ended terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.

Abstract

This study aims to develop a group investigation learning model assisted by open ended questions to improve mathematical reflective thinking skills. The subjects in this study were all students of class VIII D totaling 26 students as the experimental class and all students of class VIII A totaling 24 students as the control class at SMP Muhammadiyah 1 Metro. This type of research is Research and Development (R&D). The instruments in this study used validation of learning experts, media and material, student response questionnaire, teacher response questionnaire, and learning test results. Learning devices based on mathematical reflective thinking ability in a system of linear equations of two variables that have been compiled and declared valid. After revision according to the suggestions of the validator, and field trials are conducted. The results of the student response questionnaire to the open investigation assisted group investigation model received a very practical assessment category and the teacher's questionnaire was very practical. Student learning test results were analyzed with the N-gain hypothesis test. Based on the hypothesis test, it was found that the development of the learning model of open ended group investigation was proven effective in increasing students' mathematical reflective thinking abilities.


Keywords


Group Investigation; Reflective Thinking; Development

References


Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational Research an Introduction, Seventh Editions. Longman. New York.

Fuady, A. (2014). Berfikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1(2), 104-112.

Guroll, A. (2011). Determining The Reflective Thinking Skills of Pre- Service Teacher in Learning and Teaching Process. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies 3(3), 387-402.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs Traditional Methods in Mechanics Instruction, APS Forum on Education Newsletter, Summer 1998, pp 5-7.

Haryati, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan 18 (1), 53-64.

Kusumaningrum, M., & Saefudin, A. A. (2012). Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp.571-580). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Muin, A. (2012). Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Prosiding disampaikan pada Konferensi Nasional Matematika XVI (hlm.1343-1350). Bandung: UNPAD.

Nindiasari, H. (2011). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran (pp.251-263). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Noer, S. H. (2010). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Disertasi). FPMIPA UPI. Bandung.

Ramadhani, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Model Problem Based Learning. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (KREANO) 7(2), 116-122.

Retno, E. W., Mardiyana, & Kusmayadi, T. A. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu Video Camtasia Pada Materi Peluang Untuk Siswa SMA/MA Negeri Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2 (5) , 478-490.

Sari, D. I. & Hermanto, D. (2017). Development of Probabilistic Thinking-Oriented Learning Tools For Probability Materials At Junior High School Students. AIP Conference Proceedings. 1867(1), 020042

Waluyo, A. (2018). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD 4 (2), 105-111.

Wulandari, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (GI) berbantuan Perangkat Lunak Maple terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7(1), 101-106.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.