PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Dwi Oktaviana, Iwit Prihatin, Fahrizar Fahrizar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Pop-Up Book berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Thiagarajan dengan 3 tahap yaitu tahap define, design, dan develop. Produk valid dilihat dari hasil validasi ahli, produk praktis dilihat dari hasil angket, sedangkan produk efektif dilihat dari hasil uji coba. Hasil validasi para ahli memperoleh aspek materi dinyatakan valid dengan hasil sebesar 82,42%, sedangkan aspek media dinyatakan sangat valid dengan hasil sebesar 86,15%. Hasil angket respon guru memperoleh hasil sebesar 90,59%, sedangkan hasil angket respon siswa diperoleh hasil sebesar 89,12% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji coba memperoleh hasil sebesar 81,58% dengan kriteria efektif dimana terdapat 31 siswa yang tuntas dan 7 siswa yang tidak tuntas dari standar kelulusan minimum yang ditentukan oleh sekolah adalah 75 untuk mata pelajaran matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan media Pop-Up Book berbasis CTL dapat menfasilitasi pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa SMP.


Abstract
This study aims to produce a Pop-Up Book media based on Contextual Teaching and Learning (CTL) in achieving valid, practical, and effective problem solving abilities of junior high school students. This research is a Thiagarajan development study with 3 stages: define, design, and develop. The validity of the product is seen from the results of expert validation, the practicality of the product is seen from the results of the questionnaire, while the effectiveness of the product is seen from the results of the trial run. The results of the validation of the experts obtained the material aspect was declared valid with 82.42%, while the media aspect was declared very valid with 86.15%. The results of the teacher questionnaire responses obtained of 90.59%, while the results of student response questionnaires obtained of 89.12% with very practical criteria. The trial results obtained of 81.58% with effective criteria where there are 31 students who completed and 7 students who did not complete the minimum graduation standards determined by the school is 75 for mathematics. Therefore, it can be concluded that CTL-based Pop-Up Book media can facilitate the achievement of junior high school students' problem solving abilities.


Keywords


CTL; Kemampuan Pemecahan Masalah; Pop-Up Book.

References


Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: “Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21”, 34-42. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Ayu, A. R., Maulana, & Kurniadi, Y. (2016). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang dan Segitiga. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 221-230.

Baiduri, Taufik, M., & Elfiani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat di SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 248-261.

Bernadi, A. I. (2017). Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor untuk Siswa Anak Usia Dini dengan Metode Dongeng Berbasis Media Pop Up Book di Paud Dewi Sartika Kecamatan Bergas. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 85-93.

Fahrizar & Oktaviana, D. (2019). Analisis Kebutuhan dan Kelayakan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching and Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: “Peningkatan Mutu Pendidikan MIPA dan Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0”, 313-320. Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak.

Isharyadi, R. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 48-55.

Mahayani, S., dkk. (2018). Kotak Pop-up Berbasis Problem Solving: Pengembangan Media Pembelajaran pada Materi Cahaya dan Alat-Alat Optik untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 9(2), 98-108.

Marlina, M. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 37(7), 3635-3648.

Nugroho, A. G. (2017). Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah (Problem Solving) dan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Di SMPN 1 Martapura. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 59-82.

Nurhayati, R. & Afifah, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesian, 1(2), 1-8.

Okamura, S. & Igarashi, T. (2010). An Assistant Interface to Design and Produce a Pop-Up Card. International Journal of Creative Interfaces and Computer, 1(2), 40-50.

Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37-47.

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 240-256.

Suartama, I. K. (2010). Pengembangan multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3), 253-262.

Umayah, dkk. (2011). Pengembangan Modul Pop-Up Untuk Pembelajaran IPA Model Kooperatif dan Metode Diskusi. UNNES Science Education Journal, 2(2), 1-6.

Wicaksono, S. (2016). The Development of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash In Accounring Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122-139.

Widodo, S. A., & Wahyudi. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior Scholl Students. TOJET (The Turkish Online Journal of Educational Technology), 17(1), 154-160.

Wismath, S. L., & Orr, D. (2015). Collaborative Learning in Problem Solving: A Case Study in Metacognitive Learning. The Canada Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 6(3), 1-11.

Yusuf, W. L., Degeng, I. N. S., & Adi, E. P. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa dengan Sandhangan. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 94-98.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: