PENGEMBANGAN MEDIA ISLAMIC MATH COMICS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KARAKTER SISWA

Mochamad Abdul Basir, Kurnia Vera Alif Hazira, Imam Kusmaryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  tingkat kelayakan media Islamic Math Comics materi perbandingan SMP. Penelitian ini berbentuk penelitian pengembangan R&D (research & development) menggunakan metode ADDIE (analyze, design, develop, implement, and evaluate). Dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap design saja. Media ini dikembangkan dengan mendesain gambar manual, scan, dan adobe photoshop. Islamic Math Comics merupakan komik matematika materi perbandingan bernuansa islami mengandung bimbingan karakter dan meningkatkan pemahaman matematis siswa. Setelah dihasilkan produk awal akan dilakukan validasi dari ahli materi, ahli media, dan guru matematika. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dari aspek materi diperoleh skor 3,19 “Sangat Layak”, aspek bahasa diperoleh skor 3,33 “Sangat Layak”, dan aspek penyajian diperoleh skor 3,30 “Sangat Layak”. Jadi media ini berada dalam kategori “Sangat Layak” digunakan dan tidak terlepas dari saran atau masukan validator seperti mengembangkan isinya agar lebih sinkron, menambahkan soal tantangan, dan mencantumkan KD/KI secara tertulis.

 

This study aims to determine the level of feasibility of Islamic Math Comics media for comparison SMP material. This research is in the form of R&D development research (research & development) using the ADDIE method (analyze, design, develop, implement, and evaluate). In this study only limited to the design stage. This media was developed by designing manual images, scans, and Adobe Photoshop. Islamic Math Comics is an Islamic comic comparison material containing Islamic character guidance and improving students' mathematical understanding. After the initial product is produced, validation will be carried out from the material experts, media experts, and mathematics teachers. Data analysis using descriptive qualitative. The results of this study from the material aspects obtained a score of 3.19 "Very Feasible", the aspect of language obtained a score of 3.33 "Very Feasible", and the aspect of presentation obtained a score of 3.30 "Very Feasible". So this media is in the category of "Very Eligible" to be used and is inseparable from validator suggestions or input such as developing its contents to be more synchronous, adding challenge questions, and including KD / KI in writing.

 


Keywords


Character Guidance; Islamic Math Comics; Mathematical Understanding; Bimbingan Karakter; Islamic Math Comics; Pemahaman Matematis

References


Dini, I., Ngatman, & Triyono. (2017). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dengan Media Blok Pecahan Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD. Kalam Cendikia, 5(4.1), 310–313.

Hamidah, D., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2018). Eksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM),1(1),1.https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n1.p1-10

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT.Refika Aditama.

Indaryati, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Kelas V. Yogyakarta: Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84-96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067.

Karubaba, S. A. M., Rahman, B., & Arifin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Indomath Indonesia Mathematics Educations, 2(1), 37-44. http://dx.doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3150.

Kuncara, A. W., & Sujadi, I. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Materi Pokok Peluang Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(3), 352–365.

Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan Representasi Dan Disposisi Matematis Siswa Terhadap Peningkatan Mathematical Power. JIPMat, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26877/jip mat.v1i1.1089

Maulani, F. (2018). Keefektifan Islamic Make A Match Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Segi Empat. KONTINU: Jurnal Pendidikan Didaktik Matematika, 1(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.1.2.%25p.

Novianti, R. D. (2010). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Surabaya: Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1),79-90.

Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 21-34.

Purwono, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama egeri 1 Pacitan. Surakarta: Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127-144.

Rakasiwi, N. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Matematika Kelas IV. Semarang: AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 60-70. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3741.

Safitri, I. A. (2019). Skripsi Pengembangan Majalah Elektronik Berbasis Literasi Matematika untuk Siswa SMP Kelas VII. https://doi.org/10.1017 /CBO9781107415324.004

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (26th ed.). Bandung: ALFABETA.

Syukri, R., Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Jambi: Geogebra. Jambi: EDUMATICA Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 81-91. doi:10.22437/edumatica.v8i2.5486

Yuliharti. (2018). Pembentukan Karakter Islam dalam Hadis. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216–228.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: