ANALISIS UJI KOMPETENSI GURU KABUPATEN BANGKA TENGAH TERHADAP HASIL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SISWA SMP

Vika Martahayu, Ayen Arsisari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghitung kompetensi guru Matematika tingkat SMP tahun 2015 di Bangka Tengah, (2) menghitung rata-rata nilai UN Matematika SMP tahun 2017, (3) menentukan korelasi antara hasil UKG guru Matematika terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP pada UN tahun 2017. Metode yang digunakan  adalah deskriprif kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa tingkat SMP. Waktu penelitian dilakukan di tahun 2019 selama 2 bulan yang berlokasi di Dinas Pendidikan Bangka dan beberapa SMP di Bangka Tengah.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dan studi pustaka. Adapun hasil yang diperoleh yaitu rata-rata UKG guru ada pada kategori cukup yaitu pedagogik ada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata  66,29 dan profesional ada pada kategori cukup dengan  rata-rata 64,04. Untuk hasil ujian nasional  kabupaten Bangka Tengah siswa SMP pada tahun 2017 diperoleh rata-rata  64,19. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh  nilai korelasi adalah 0,306. Nilai ini dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian lemah, selanjutnya diperoleh R Square atau koefisien determinasi (KD) sebesar  9,4 %  yang dapat ditafsirkan bahwa hasil UKG di Kabupaten Bangka Tengah  memiliki pengaruh kontribusi sebesar 9,4 % terhadap nilai UN siswa dan 90,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, diantaranya minat, bakat kecerdasan intelektual, kecemasan, kesiapan mental dalam diri siswa.

 

Abstract

In this study, we want to see (1) the results of the mathematics teacher competency test in Central Bangka on the results of students' national exams in junior high school on mathematics subjects; (2) calculating the average value of the 2017 SMP Mathematics National Examination; (3) determining the correlation between the results of the UKG Mathematics teacher and the mathematics learning outcomes of junior high school students at the 2017 National Exam. The method used is quantitative descriptive. Research subjects were teachers and junior high school students. When the research was conducted in 2019 for 2 months located in the Bangka Education Office and several junior high schools in Central Bangka. Data collection techniques used were interviews, and literature study. As for the results obtained, the average UKG of teachers is in the sufficient category, namely pedagogics in the high category with an average score of 66.29, and professionals in the moderate category with an average of 64.04. For the results of the Central Bangka district national examination, junior high school students in 2017 obtained an average of 64.19. The results showed the correlation value obtained was 0.306. This value can be interpreted that the relationship between the two research variables is weak, then obtained R Square or a coefficient of determination (KD) of 9.4% which can be interpreted that the UKG results in Central Bangka Regency have a 9.4% contribution effect on students' UN scores and 90 Another 6% is influenced by other factors, including interest, intellectual intelligence, anxiety, mental readiness in students


Keywords


2015 Junior High School UKG, 2017 Mathematics National Examination Results, Middle School Students, Central Bangka

References


Bakri, F., & Budi Raharjo, S. (2015). Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Fisika. JPPPF: Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 01(1), 91–96. https://doi.org/10.21009/1.01113

Dardiri, A., Mujiyono, M., & Ichwanto, M. A. (2017). Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuran Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 40(2), 193–203. https://doi.org/10.17977/um031v40i22017p193

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Hermanto, R., & Santika, S. (2016). Analisis hasil uji kompetensi guru matematika sekolah menengah pertama ( SMP ) di Kota Tasikmalaya. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 135–142.

Inayati, N. L. (2016). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 6 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. SUHUF, 28(2), 175–191.

Izwanto, E. (2016). Peta kompetensi guru matematika SMP di kabupaten Bengkulu tengah berdasarkan hasil UKG tahun 2015. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 30–40.

Lodang, H., Azis, A. A., Palennari, M., & Ardiansyah, R. (2013). Analisis kompetensi profesional guru biologi sekolah menengah atas negeri di kota makassar. Jurnal Bionature, 14(1), 25–32.

Meutia, V., & Mursita, R. A. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Dalam Pembelajaran Peserta Didik Tunarungu. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 19–27. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini

Murtadho, Juhadi, & Santoso, A. B. (2015). Hubungan Antara Nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) dengan Nilai Rata-Rata Ujian Nasional Mata Pelajaran Geografi Tahun 2013 di SMA Se Kota Semarang. Edu Geography, 3(7), 9–15.

Nur, A. A. (2014). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 65–72. ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/viewFile/3735/2970

Nurul, H. (2013). Ujian Nasional Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Jurnal Pencerahan, 7(1). http://jurnal.unsyiah.ac.id/index.php/index/oai

Srinalia. (2015). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru dan Korelasinya terhadap Pembinaan Siswa: Studi Kasus di SMAN Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika Media Ilmiah Pendidikan, 15(2), 193–207. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/580/483

Sukarjo, M., & Sugiyanta, I. (2018). Korelasi Hasil UKG SMA Tahun 2015 dengan Hasil UN Matematika SMA tahun 2016 Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 60–72.

Umu, S., Bambang, S., & Hety. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi & Ilmu Sosial, 12(2). https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316

Valiant, L., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: