PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE MAPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS

Zulfa Razi, Mirunnisa Mirunnisa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model discovery learning berbantuan software maple dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematik mahasiswa?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan desain penelitian pretest-postes group. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Fakultas Teknik Informatika Universitas Jabal Ghafur dengan sampel kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian berupa tes kemampuan pemahaman matematis. Uji statistik yang digunakan adalah uji-t untuk menganalisis data peningkatan kemampuan pemahaman matematis. Hasil analisis data diperoleh N-Gain kemampuan pemahaman matematis dengan nilai t = 1,046 dan Sig.  (2-tailed) = 0,048 dan Sig.  (1-tailed)= 0,024 sehingga  nilai Sig.  (1-tailed) < taraf Signifikansi  ( alpha =0,05). Hal ini  menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang menggunakan model discovery learning berbantuan software maple lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

 

Abstract

The purpose of this study was to determine wether the application of discovery learning models assisted by maple software can improve the students mathematical understanding  abilities? This research is an experimental study consisting class and the control class. Experimental class with the pretest – post test group research design. The population of this research is all of the second semester students 0f The Informatics Engineering Faculty of  The Jabal Ghafur University  with a sample of class B as an experimental class and class D as a control class, each numbering 25 students. The instrument use to collect research data is a mathematical understanding ability test. The statistical test used is the t-test to analyze the data on the improvement of mathemathical understanding abilities. The result of data analysis obtained N-Gain mathematical understanding ability with the value of  t=1,046 and sig. (2-tailed)=0,048 and sig.(1-tailed)=0,024 so The Value of sig. ( 1-tailed) < significance level (alpha = 0,05). This shows that the improvement of students mathematical understanding abilities using the discovery learning model assisted by maple software is better than students who obtain conventional.


Keywords


Discovery learning; mathematical understanding; software maple

References


Afgani, J. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Balim, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1-20.

Ebih, A. R. A., & Eva, M. (2017). Kontribusi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Software Maple terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Siliwangi. 3(1), 197-203.

Eva, M., & Ike, N. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Berbantuan Software maple Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kepercayaan Diri Matematis Mahasiswa. Jurnal Siliwangi, 2(2), 111-116.

Martaida, T., Nurdin, B., & Eva, M. G. (2017) The Effect of Discovery Learning Model on Student’s Critical Thinking and Coqnitive Ability in Junior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education. 7(6), 1-8.

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 9(1), 9-22.

Idris, N. (2009). Enhanching Student’ understanding In Calculus Trough Writing. International Electroonic Journal of Mathematics Education, 4(1),35-56.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika, 6(2), 145-157.

Suhandri. (2016). Implementasi Program Aplikasi Maple untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 57– 66.

Surur, M., & Sofi, T. O. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama 6(1), 11-19.

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Maple terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Al-Jabar, 6(1), 91-98.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: