ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN DENGKLAQ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Asri Fauzi, Ulfa Lu'luilmaknun

Abstract


Abstract

Ethnomatematics is a learning strategy performed by linking cultural elements in mathematics. Learning-based ethnomatematics is highly important to instil character values as well as fostering children's love for the local culture which has been starting to be abandoned because of technological advances. The study aims to describe the mathematical elements contained in the traditional game of Dengklaq. This research uses ethnographic research with a qualitative approach. The focus of this research is the arena of dengklaq, players’katuk, rules of the games, and dengklaq players themselves. Data collection techniques used were observation, interviews, field notes, and documentation. This research uses triangulation data analysis consisting of data reduction, presentation, and conclusion drawing. The results showed the existence of mathematical elements in the game of dengklaq in the form of field geometry, the concept of relationships between angles, cube nets, the concept of reflection, the concept of mathematical logic, and the concept of probability.

Abstrak

Etnomatematika merupakan strategi pembelajaran dengan mengaitkan unsur budaya dalam pelajaran matematika. Pembelajaran berbasis etnomatematika ini sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai karakter sekaligus memupuk rasa cinta anak terhadap budaya lokal yang selama ini sudah mulai ditinggalkan karena kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur matematika yang terkandung di dalam permainan tradisional dengklaq. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu arena permainan dengklaq, katuk pemain, aturan bermain, dan pemain dengklaq. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data triangulasi yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya unsur-unsur matematika pada permainan dengklaq berupa geometri bidang (persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, dan setengah lingkaran), konsep hubungan antar sudut (sudut bertolak belakang, sudut berpelurus, sudut berseberangan), jaring-jaring kubus, konsep refleksi (pencerminan), konsep logika matematika (implikasi), dan konsep probabilitas atau peluang (permutasi).


Keywords


Ethnomatematics; dengklaq traditional games

References


Brandt, A., & Chernoff, E.J. (2015). The importance of ethnomathematics in the math class. Ohio Journal of School Mathematics, 71, 31-36. Retrieved from https://kb.osu.edu/bitstream/handle/1811/78917/OJSM_71_Spring2015_31.pdf?sequence=1

Denzin, N., K., & Lincoln, Y., S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dharmamulya, S. (2008). Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.

Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh penggunaan metode drill berbantuan permainan engklek termodifikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267-277. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/653

Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Imswatama, A., & Lukman, H.S. (2018). The effectiveness of mathematics teaching material based on ethnomathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 35-38. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.11

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/483

Kawuryan, S.P., Hastuti, W.S., & Supartinah. (2018). Pengaruh model pembelajaran tematik berbasis permainan tradisional dan scientific approach terhadap kemampuan berpikir kreatif. Cakrawala Pendidikan, 37(1). https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.18323

Moleong, L. J. (2012). Metodolgi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muzdalipah, I., & Yulianto, E. (2015). Pengembangan desain pembelajaran matematika untuk siswa SD berbasis aktivitas budaya dan permainan tradisioanl masyarakat kampung Naga. Jurnal

Siliwangi, 1(1), 63-74. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/download/18/20

Nugraha, Y.A., Handoyo, E., & Sulistyorini, S. (2018). Traditional game on the social skill of students in the social science learning of elementary school. Journal of Primary Education, 7(2), 220 – 227. https://doi.org/10.15294 /jpe.v7i2.23475

Nursyahidah, F., Saputro, B.A., & Rubowo, M.R. (2018). Students problem solving ability based on realistic mathematics with ethnomathematics. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1), 13-24. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu

Orey, D. C. (2000). The ethnomathematics of the Sioux tipi and cone. In H. Selin (Ed.), Mathematics across culture: the History of non-Western mathematics (pp.239-252). Dordrecht, Netherlands: Kulwer Academic Publishers.

Rahmawati, N.D., Buchori, A., & Bhihikmah. (2017). Pengembangan strategi permainan tradisional sunda manda pada pembelajaran matematika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 165-172. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/download/1243/1080

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32-54. Retrieved from www.etnomatematica.org/v4-n2-agosto2011/ethnomathematics.pdf

Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. In Proceedings of the International Conference on University-Community Engagement (pp. 715-726). Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/7435/

Rusnilawati, Muthmainnah, H.T., Mufti, F.N., Istiqomah, Ulima, E.T., & Hidayati, Y.M. (2018). Metode permainan tradisional engklek pada pembelajaran bangun datar menumbuhkembangkan motivasi belajar siswa. In The 8th University Research Colloquium 2018 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (pp. 189-195). Retrieved from http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/429/420/

Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan model permainan tradisional untuk membangun karakter pada siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183-193. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: