MINAT, KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM E-LEARNING BERBASIS EDMODO

Ahmad Hatip, Yuni Listiana

Abstract


E-learning adalah suatu kemajuan penting dalam system pendidikan modern. E-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) maupun sistemnya. E-learning menawarkan pembelajaran menggunakan media elektronik yang dapat mendukung pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif dan efisisen. Dalam penelitian ini kami mengkaji tentang pengaruh pembelajaran e-learning berbasis Edmodo terhadap minat belajar mahasiswa, kemandirian belajar mahasiswa, dan hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian termasuk dalam kategori kuantitatif eksplanasi eksperimen, dengan metode analisis data kuantitatif dengan SPSS. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa e-learning berbasis edmodo berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa, kemandirian belajar mahasiswa, dan hasil belajar mahasiswa dengan nilai signifikan masing – masing adalah 61.24, 61.84, dan 76.52 . Selain itu juga didapat bahwa ada korelasi positif antara minat belajar terhadap hasil belajar dalam e-learning berbasis edmodo dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar dalam e-learning berbasis edmodo, sedangkan untuk minat belajar terhadap kemandirian belajar dalam e-learning berbasis edmodo tidak menunjukkan adanya pengaruh apapun.

 

Abstract

E-learning is an important advance in the modern education system. E-learning transforms conventional education into digital form, both in terms of contents and the systems. E-learning offers learning using electronic media that can support learning to be more interesting, effective and efficient. In this paper we study the influence of Edmodo-based e-learning on student learning. This research belongs to the quantitative category of experimental explanations, with quantitative data analysis methods with SPSS. The results of this study found that edmodo-based e-learning had an effect on student learning interest, student learning independence, and student learning outcomes with significant values are 61.24, 61.84, and 76.52 respectively. In addition, we are also found that there was a positive correlation between learning interest towards learning outcomes and learning independence towards learning outcomes in edmodo-based e-learning, while there is no any influence between learning interest towards learning independence in edmodo-based e-learning.


Keywords


E-learning, Edmodo; independence of learning; interest to learn; learning outcomes

References


Aisiyah, Y. D. P., Dewi, E. R. S., & Rahayu, P. (2017). Penerapan E-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship IV Tahun 2017. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/snse2017/snse2017/paper/view/1805

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12. https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4152.1-12

A’yun, Q., Sujiwo, D. A. C., & Hidayatullah, A. W. (2019). Pengaruh e-learning terhadap hasil belajar matematika pada mahasiswa teknik informatika. Justindo (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 27–35. https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2420

Basori, B. (2013). Pemanfaatan social learning network ”edmodo” dalam membantu perkuliahan teori bodi otomotif di prodi ptm jptk fkip uns. Jiptek : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 6(2). https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i2.12562

Bv, U. B. U. (2016). E-learning berbasis edmodo dalam pengajaran bahasa inggris pada jurusan akuntansi politeknik negeri samarinda. eksis, 12(1).

Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Analisis proses pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada mata kuliah geometri. Jurnal bidang pendidikan dasar, 2(1), 63–68. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2200

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal prima edukasia, 2(1), 66–79. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645

Nugraheni, A. R. E., & Dina, D. (2017). Pengaruh penerapan pembelajaran e-learning terhadap kemandirian dan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah wawasan dan kajian mipa. Edusains, 9(1). https://doi.org/10.15408/es.v9i1.5458

Pradnyana, G. A., Pradnyana, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2016). Pelatihan penggunaan e-learning berbasis media sosial edmodo bagi guru SMA di kecamatan buleleng. Seminar nasional pengabdian kepada masyarakat, 1. http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/254

Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Acehpengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta.

Supriani, Y. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berbantuan Quipper School. JIPMAT, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1248




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: