PENGEMBANGAN SMART BOOK MATERI GEOMETRI UNTUK SISWA SMP BERBASIS KONSTRUKTIVISME

Dian Fitri Argarini, Nok Izatul Yazidah, Anik Kurniawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ada disekolah yang terkait dengan materi geometri dan bahan ajar yang membuat siswa kurang konstruktif dalam pemahamannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan SMART book materi geometri untuk siswa SMP berbasis konstruktivisme yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Plom yang terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap Preliminary Research, tahap Prototype Stage, dan terakhir adalah tahap Assessment Phase. Kevalidan produk ini dilihat dari hasil validasi ahli, kepraktisan produk dilihat dari hasil lembar angket yang telah diisi oleh subjek, sedangkan keefektifan produk dilihat dari hasil  uji coba SMART Book. Hasil uji coba ini menghasilkan nilai rata-rata siswa adalah  yang telah memenuhi kriteria sangan baik dari standar kelulusan minimum yang ditentukan oleh sekolah adalah 75 untuk mata pelajaran matematika.


Abstract

This research is motivated by the problems that exist in schools related to geometry material and teaching materials that make students less constructive of their understanding. This study aims to produce SMART Book geometry material for constructivism-based junior high school students who are valid, practical and effective. This research is a development research adapted from the Plomp model which consists of 3 stages, namely Preliminary Research, Prototype Stage, Assessment Phase. The validity of the product is seen from the results of expert validation. The practicality of the product is seen from the results of the questionnaire that has been filled in by the subject. Effectiveness seen from the results of the SMART book trial. The results of this trial produce the average value of students is 80.05 which has met the criteria very well from the minimum graduation standard determined by the school is 75 for mathematics subjects


Keywords


Constructivism;Geometry; SMART Book

References


Khotimah, K., dkk. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Mengacu pada Pembelajaran Berbasis Masalah bagi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Rimbang Kuang. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1), 19-34

Marlina, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP dengan Strategi Pembelajaran Kolaboratif. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika 8(2), 146-159

Muhassanah, N., dkk. (2014). Analisis Ketrampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berfikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(1), 54-66

Munawarah. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran 2(2), 168-186

Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 1(2), 80-94

Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi Konstruktivisme dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indonesia Journal of Educational Counseling 1(1), 1-14

Plomp, T. (2010). Educational Design Research: an Introduction (Plomp, T & Nieveen, Ed.) Netherlands Institute for Curriculum Development.

Putri, N. A., & Setyaningrum, W. (2017). Keefektifan Pembelajaran Matematika pada Materi Segiempat Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Manisrenggo. Jurnal Pendidikan Matematika 6(7), 84-95

Rangkuti, A.N. (2014). Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Darul Ilmi 2(2), 61-76

Safrina, K., dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika 1(1), 9-20

Setiyawan, H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bab Integral Berbasis Konstruktivisme pada Kelas XII IPA. Jurnal INOVASI 18(2), 31-40

Sholihah, D. A. & Mahmudi, A. (2015) Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(2), 175-185

Wismath, S. L., & Orr, D. (2015). Collaborative Learning in Problem Solving: A Case Study in Metacognitive Learning. The Canada Journal for the Scholarship of Teaching and Learning 6(3), 1-11. http://dx.doi.org/10.5206/cjsotl.rcacea.2015.3.10




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: