PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDMODO PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN

Ryan Angga Pratama, Nur Ismiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis Edmodo pada mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan yang sedang menempuh perkuliahan Teori Bilangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan terhadap aktivitas chat di dalam Edmodo), dokumentasi, serta tes hasil belajar. Adapun hasilnya didapatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis Edmodo berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari capaian hasil belajar mahasiswa yang menunjukkan secara rata-rata dari 12 mahasiswa memperoleh skor atau ketercapaian 82,53. Selain itu, mahasiswa juga merasa memperoleh pengalaman belajar yang baru melalui Edmodo, dapat lebih berekspresi, suasana belajar (chat) sangat santai, serta dapat diakses dimana saja jika mahasiswa lupa materi yang telah dipelajarinya. Hal ini dikarenakan materi yang disajikan telah diunggah di Edmodo maupun kanal Youtube.

 

Abstract

This study aims to describe the implementation of Edmodo-based learning in Mathematics Education students at the University of Balikpapan. The subjects in this study were 12 University of Balikpapan Mathematics Education students who were taking lectures on Number Theory. Data collection techniques are done by observation (observation of chat activities in Edmodo), documentation, and learning achievement tests. The results were obtained that the implementation of Edmodo-based learning went well. This can be seen from the achievements of student learning outcomes which show an average of 12 students get a score or achievement of 82,53. In addition, students also feel they have gained a new learning experience through Edmodo, can be more expressive, the atmosphere of learning (chat) is very relaxed, and can be accessed anywhere if students forget the material they have learned. This is because the material presented has been uploaded on Edmodo and the Youtube channel.


Keywords


Edmodo;Mathematics; Number Theory.

References


Amry, A. B. (2014). The Impact Of Whatsapp Mobile Social Learning On The Achievement And Attitudes Of Female Students Compared With Face To Face Learning In The Classroom. European Scientific Journal , 10 (22), 116-136

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Sosial Budaya , 12 (1), 127-150.

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya , 1 (1).

Balaisubramanian, Jaykumar, & Nitin. (2014). A study on Student preference towards the use of Edmodo as a learning platform to create responsible learning environment. Procedia - Soc. Behav. Sc , 144, 416-422.

Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network "EDMODO" dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK , VI (2), 99-105.

Dharmawati. (2017). Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business. QUERY: Jurnal Sistem Informasi , 1 (1), 43-49.

Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) , 2 (1), 63-68.

Herlambang, A. D., & Hidayat, W. N. (2016). Edmodo Untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek Dan Efektivitas Pembelajaran Di Lingkungan Pembelajaran Yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) , 3 (2), 1-8.

Hikmawan, T., & Sarino, A. (2018). Pembelajaran Berbasis Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , 1 (2), 78-85.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi , 17 (1), 41-54.

Kurnaibudi, & Assegaf, S. (2016). Analisis Perilaku Penerimaan Edmodo pada Perkuliahan dengan Model Utaut. TEKNOSI , 2 (3), 1-10.

Kurniawati, R., & Djuniadi. (2015). Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies , 3 (1), 16-24.

Maghfiroh, N. W., Kirom, A., & Munif. (2018). Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Al Ghazwah , 2 (2), 207-226.

Nasrullah, A., Ende, & Suryadi. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematis. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education , 2 (1), 1-10.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013

Subiyanto, Supriyati, I., & Markamah, N. (2018). Pelatihan E-Learning Menggunakan Edmodo pada Para Guru SMK NU Ungaran. ABDIMAS , 22 (1), 83-88.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alvabeta.

Suharyanto, & Adele. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya , 3 (4), 17-21.

Trisniawati, Muanifah, M. T., & Ardiyaningrum, M. (2018). Penerapan E-Learning Edmodo Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an , 5 (1), 509-514.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: