ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO
(1) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(3) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(4) SMP Negeri 1 Gumelar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Armita, U.Y. & Marsigit, M. (2016). Keefektifan PBL Setting STAD dan TGT ditinjau dari Prestasi, Berpikir Kritis, dan Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 4(1), 1-11.
Bakoban, F. I., & Amry, Z. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Dengan Teams Games Tournaments Di SMP Negeri 35 Medan. Inspiratif, 3(2), 68–79.
Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Ismawati, D. Y. (2014). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Diskursif Metode Two Stay Two Stray Dengan Pembelajaran Konvensional (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Kim, D. H. (2012). Improvement in problem solving and critical thinking among Korean nursing students over an academic year. Educational Research Journal, 2(8), 257–265.
Polya, G. (1973). How to Solve it. A new aspect of mathematical method (second). New Jersey: Prence University Press.
Rahmawati, N.K. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121-134.
Rustinah. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Team Game Turnament Pada Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2012/2013. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 5(1), 40-51.
Slavin, E. R. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning (Terjemahan). Bandung: Penerbit Nusa Media.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suji, Nirawati, R., & Mariyam. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jurnal Pendiidikan Matematika Indonesia, 2(September), 63–71.
Tampubolon, P. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Strategi Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament). In Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII (Vol. 4, pp. 139–148). Salatiga: Fakultas Sains dan Matematika, UKSW.
Trisnawati & Wutsqa, D.W. (2015). Perbandingan Keefektifan Quantum Teaching dan TGT Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(2), 297-307.
Warli. (2013). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(2), 190–201.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1731
Refbacks
- There are currently no refbacks.