Pemetaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematika

Fatya Azizah, Hartono Hartono

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematika sangat penting untuk kehidupan sehari-hari kita karena kita tahu bahwa proses pemecahan masalah matematika adalah proses berpikir yang mengarah pada hasil yang baru dan bermanfaat. Salah satu faktor yang menyebabkan kesulitan matematika adalah kecemasan matematika. Solusi suatu masalah tergantung pada bagaimana masalah terjadi, sehingga diperlukan penelitian yang lebih mendalam mengenai kaitan antara kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemetaan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP di Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan subjek terdiri dari 376 siswa kelas VIII SMP yang berasal dari 15 sekolah yang ditentukan dengan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kecemasan matematika. Analisis data dilakukan dengan analisis profil. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa masih ada kemampuan pemecahan masalah matematika dan kecemasan matematika rata-rata sekolah di Kota Banjarbaru yang tidak sesuai dengan status akreditasi dan teori yang sudah ada sebelumnya.


Keywords


Pemetaan, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kecemasan Matematika

References


Pimta S., Tayruakham S. dan Nuangchalerm P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences. 5 (4), 381-385.

Kramarski, Bracha. (2009). Developing A Pedagogical Problem Solving View for Mathematics Teachers with Two Reflection Programs. International Electronic Journal of Elementary Education, 2(1), 137-153.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus.PISA: OECD Publishing.

IEA. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Downloaded from timss2015.org/download-center.

Mohd, Norhatta dan Tengku Farah Petri Tengku Mahmood. (2011). The Effects of Attitude Towards Problem Solving in Mathematics Achievements. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5 (12), 1857-1862.

Ramirez, Gerardo, dkk. (2016). On the Relations Between Math Anxiety and Math Achievement in Early Elementary School: The Role of Problem Solving Strategies. Journal of Experimental Child Psychology, 141 (2016), 83-100.

Al Mutawah, Masooma Ali. (2015). The Influence of Mathematics Anxiety in Middle and High School Students Math Achievement. International Education Studies, 8 (11), 239-252.

Foley, Alana E., dkk. (2017). The Math Anxiety-Performance Link: A Global Phenomenon. Current Directions in Psychological Science, 26(1), 52 –58.

BAN-SM. (2017). Perangkat Akreditasi SMP/MTs. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah.

Dursun, Semsettin. (2015). Investigation of high school students’ attitude and anxiety levels towards Mathematics in terms of some variables. Educational Research and Reviews, 10(13), 1773-1780.

Wang, Y., & Chiew, V. (2010). On the cognitive process of human problem solving. Cognitive Systems Research, 11(1), 81-92.

Geyik, Karakas. (2015). The Effects of Parents’ Socio Economic Status on Mathematics Anxiety Among Social Sciences Students in Turkey. International Journal of Education and Research, 3(1), 311-324.

Isabelo V. dan Silao J. (2018). Factors Affecting the Mathematics Problem Solving Skills of Filipino Pupils: A Study Conducted in Kiamba Central School SPED Center. International Journal of Scientific and Research Publications, 8(2), 487-497.

Graham S. E. dan Provost L. E. (2012). Mathematics Achievement Gaps Between Suburban Students and Their Rural and Urban Peers Increase Over Time. Issue Brief, 52, 1-8.

Hlalele, Dipane. (2012). Exploring rural high school learners’ experience of mathematics anxiety in academic settings. South African Journal of Education, 32, 267-278.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: