Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Luas Bangun Datar

Suyoto Suyoto, Mita Hapsari Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) bagaimana proses pembelajaran materi luas bangun datar berbasis teori belajar konstruktivistik; serta (b) keefektivan pembelajaran tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Purworejo. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi teknik deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan kuantitatif uji-t. Setelah diadakan analisis pendahuluan didapatkan bahwa pembelajaran konstruktivistik ini dilakukan dengan multimedia Powerpoint, greenboard, dan pensil-kertas. Berdasarkan catatan lapangan dan observasi dua orang guru didapatkan bahwa pembelajaran telah terlaksana sesuai teori belajar konstruktivistik. Angket respon guru menghasilkan skor 39.5, serta uji-t menghasilkan thitung = 2.016 > 1.645 =  ttabel. Artinya pembelajaran berbasis teori belajar konstruktivistik efektif secara signifikan untuk meningkatkan prestasi belajar.

 

 


Keywords


bangun datar, konstruktivistik, multimedia

References


Allesi, S. M. dan Trollip, A. R. 2001. Multimedia for learning: Methods and development. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Hamalik, O. 1994. Media pendidikan. Bandung: Alumni.

Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta.

Muttappallymyalil, J., dkk. 2016. “Evolution of technology in teaching: Blackboard and beyond in Medical Education”. Nepal Journal of Epidemiology. 6 (3). Online: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5082488/

Miarso, Y. 2004. Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: