ANALISIS PENGEMBANGAN SOAL TES EVALUASI MATEMATIKA BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF UNTUK SISWA SMK PADA MATERI GEOMETRI

Anggita Maharani

Abstract


Sesuai dengan Standar Isi pada Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013, salah satu kompetensi pada muatan matematika SMA/MA/SMALB/PAKET C dan SMK/MAK/PAKET C KEJURUAN tingkat kelas X-XI adalah menunjukkan sikap logis, kritis, analitis,  kreatif, cermat dan teliti, bertanggungjawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hal tersebut, perlu dikembangkan model penilaian yang tepat untuk salah satu kompetensi matematika. Salah satu kompetensi yang dapat dikembangkan adalah sikap kreatif yang dapat terbentuk melalui proses berpikir kreatif. 

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui prinsip-prinsip penilaian yang digunakan untuk mengkur kemampuan berpikir kreatif dan menghasilkan produk berupa model penilaian yang tepat digunakan pada pembelajaran matematika berbasis kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian research and development (R & D) bertujuan untuk menghasilkan model penilaian pada pembelajaran matematika berbasis kemampuan berpikir kreatif.

Hasil analisis dari tujuh butir soal berpikir kreatif yang telah dikembangkan untuk materi geometri SMK, menunjukkan bahwa soal layak digunakan sebagai alat evaluasi untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif.

 


Keywords


Soal Tes Evaluasi, Berpikir Kreatif, SMK



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: