KETERAMPILAN DASAR KINERJA ILMIAH PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Thoha Firdaus, Arini Rosa Sinensis

Abstract


Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan dasar kinerja ilmiah pada mahasiswa calin guru fisika. Metode yang digunakan adalah survey dengan sampel 36 mahasiswa calon guru fisika. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon mahasiswa terhadap keterlaksanaan kegiatan praktikum dan wawancara dengan dosen pengampu. Hasil menunjukkan bahwa 50% mahasiswa mengalami kesulitan dalam menganalisis data dan membuat kesimpulan.


Full Text:

PDF

References


Holmes dan Wieman.(2016).” Examining and contrasting the cognitive activities engaged in undergraduate research experiences and lab courses”. Physics Education Research. 12, 020103.

National Research Council. (1996).” National science education standard” Washington DC: national Academy press.

Mellingsætera,Magnus S. (2014). “ Engineering students’ experiences from physics group work in learning labs”. Research in Science & Technological Education

Thomas P, Al Meldrum dan John Beamish (2014)“Conceptualization, Development and Validation of an Instrument for Investigating Elements of Undergraduate Physics Laboratory Learning Environments: The UPLLES (Undergraduate Physics Laboratory Learning Environment Survey)”. European J of Physics Education.

Zwickl Benjamin M, Noah Finkelstein, and H. J. Lewandowski. (2013).” The Process Of Transforming an Advanced Lab Course: Goals, Curriculum, And Assessments”. American Physics Journal.

Zwickl dan Hu. (2015). “Model-based reasoning in the physics laboratory: Framework and initial results”. Physics Education Research 11, 020113




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i2.985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter