MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR

Yoga Budi Bhakti

Abstract


Pemberian tugas terstruktur dalam pembelajaran fisika dengan tingkat kesukaran soal berjenjang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI sekolah menengah atas. Penelitian yang dilakukan adalah jenis Peneltian Tindakan Kelas. Hasil penelitian tindakan kelas  ini menunjukkan bahwa pemberian tugas terstruktur dalam pembelajaran fisika mampu meningkatkan hasil belajar fisika. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yaitu dari evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir dari pemberian tindakan. Untuk siklus pertama, rata-rata hasil belajar diperoleh X1 = 64.3 kemudian untuk siklus kedua, rata-rata hasil belajar diperoleh X2 = 63.5 dan untuk siklus ketiga diperoleh nilai rata-rata hasil belajar X3 = 72.4. Diharapkan dengan penelitian ini guru mulai membiasakan memberikan tugas terstruktur dengan tingkat kesukaran soal berjenjang sehingga nantinya akan meningkatkan hasil belajar fisika.

Keywords


hasil belajar, tugas, terstruktur

Full Text:

PDF

References


Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Peserta didik Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1(2), 1-6.

Misna, M., Ramadhan, A., & Bustamin, B. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas di Kelas IV SDN No 3 Parigi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(2).

Aldila, H., & Mulyanratna, M. (2013). Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Maospati. Jurnal Inovas Pendidikan Fisika, 2(2), 49-54.

Surie, A. N., Maharta, N., & Rosidin, U. (2015). Hubungan Pembelajaran Berbasis Tugas Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(7).

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2002. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Susilo, H., Chotimah. dan Sari, Y. D. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i2.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter