PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) TERPADU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN STRATEGI STUDENT GENERATED RESPRESENTATION (SGRs)

Evriani Evriani, Yudi Kurniawan, Riski Muliyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains (KPS) terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inqury dengan strategi Student Generated Representations (SGRs). Tenik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Guided Inqury dengan strategi SGRs memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,34 dengan kategori sedang.

 


Keywords


Guided Inquiry, SGRs, Keterampilan Proses Sains Terpadu.

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi, M. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Pendidikan Biologi, 5(1).

Amilasari, A., & Sutiadi, A. (2008). Peningkatan kecakapan akademik siswa SMA dalam pembelajaran fisika melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Pengajaran MIPA FPMIPA UPI, 12(2), 1-8.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.

Karamustafaoğlu, S. (2011). Improving the science process skills ability of prospective science teachers using I diagrams. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 3(1), 26-38.

Karslı, F., Yaman, F., & Ayas, A. (2010). Prospective chemistry teachers’ competency of evaluation of chemical experiments in terms of science process skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 778-781.

Kenny, John. 2014. Student Generated Representations (SGRs) as a strategy for learning and teaching science. pp 1-3.

Kurniawan, wawan., dan Endah, Diana. 2012. Pembelajaran Fisika dengan Metode Inquiry Terbimbing untuk mengembangkan Keterampilan Proses Sains.Tersedia:http://e-jurnal. upgrismg.ac.id/index.php/JP2F/article/view/116

Lestari, F., Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. (2015). Pengaruh penggunaan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Bioterdidik, 3(8).

Permendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.

Ramdan, S., & Hamidah, I. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Melalui Penerapan Levels Of Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. EDUSAINS, 7(2), 105-113.

Rizal, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 159-165.

Rezba, R. J., Sprague, C., & Fiel, R. (2003). Learning and assessing science process skills. Kendall Hunt.

Yuliani, H. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis (Studi pada Materi Pembelajaran Fluida Statis untuk Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Jakenan Pati T (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).

Wulanningsih, S., Prayitno, B. A., & Probosari, R. M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Sma Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 33-43.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i2.916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter