PENEREPAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI BERBASIS OBSERVASI GEJALA FISIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

Badrul Wajdi, Tsamarul Hizbi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh pembelajaran berbasis observasi gejala fisis  menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen terhadap prestasi belajar siswa dan pengaruh kemampuan awal siswa tinggi atau rendah terhadap prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui interaksi metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 04 Kopang dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data untuk prestasi kognitif dengan metode tes objektif pilihan ganda dengan teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis ialah uji Anava Dua Jalan dan menggunakan metode scheeff untuk uji lanjut anava. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran dengan metode demonstrasi dan eksperimen terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu terdapat pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa, dan tidak ada interaksi antara motode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar.  Pada uji lanjut untuk model pembelajaran diketahui bahwa ada pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar.


Keywords


Observasi gejala fisis, Eksperimen, Demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Budiyono. 2004. Statistika untuk penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Endang P, Dkk. 2009. IPA TERPADU untuk SMP/Mts Kelas VII Semester I. Klaten: PT Intan Pariwara

Kamajaya, Tedy Wibowo. 2012. Inspirasi Sains Pelajaran IPA untuk SMP Kelas VII Semester I. Jakarta: PT Ganeca

Koes Supriyono. 2003. Strategi pembelajaran Fisika. Malang: JICA-IMSTEP

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet. 17

M. Subana. 2009. Dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung: Pustaka Setia

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Ngalim Purwanto. 2012. Prinsip – Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Riduwan. 2010. Metode dan Tehnik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Slameto. 2010. Belajar & Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan

Syaiful Bahri Djamarah & Azwan Zain. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta, cet.4

Yudrik Yahya. 2003. Wawasan kependidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v4i2.539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter