PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUKAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Susilawati Susilawati, Intan Wulan Sari

Abstract


Era teknologi saat ini mebutuhkan kemampuan menggunakan pembelajaran yang memadukan pemanfaatan informasi teknologi dan komunkasi untuk meningkatkan hasil belajar. Sehingga pemanfaatan produk teknologi dalam pembelajaran perlu mendapat perhatian serius. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbantukan media sosial facebook terhadap hasil belajar fisika pada topik tata surya. Metode yang diguanakan dalam penelitain ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di MTsN Rukoh Banda Aceh pada siswa kelas VII dengan total sampel 59 siswa. Melalui metode random sampling terpilih kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran berbantukan media sosial facebook. Sedangkan kelas VIID terpilih sebagai kelas kontrol yang diajarakan dengan metode diskusi tanya jawab. Teknik pengolahan data melalui uji t dengan aplikasi SPSS versi 20. Setelah dilakukan analisis persyaratan diperoleh data bahwa kedua kelas memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji t diperoleh nilai t hitung 25,58 dimana t tabel 16,9 maka t tabel < t hitung yaitu 16,9 < 25.58 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran berbantukan media sosoal facebook terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil Paired  Samples  Test  dan Paired samples correlations diperoleh nilai sig (2- tailed) 0.000  < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh signifikan pembelajaran berbantukan jejaring social facebook terhadap hasil belajar fisika pada topik  tata surya.


The current era of technology requires the ability to use learning that combines the use of information technology and communication to improve learning outcomes. So that the use of technology products in learning needs serious attention. The purpose of this study was to determine the effect of Facebook social media assisted learning on the results of learning physics on the topic of the solar system. The method used in this research is quasi-experiment with the design of one group pretest posttest. This research was conducted at Rukoh Banda Aceh MTsN in class VII students with a total sample of 59 students. Through the random sampling method selected the VIIA class as the experimental class which was given a learning treatment assisted by social media Facebook. While the VIID class was chosen as the control class taught by the question and answer discussion method. Data processing techniques through t-test with SPSS version 20. After the requirements analysis, the data obtained that the two classes meet the requirements for normality and homogeneity. The results of the t test obtained t count 25.58 where t table 16.9 then t table <t count is 16.9 <25.58 so Ho is rejected and Ha is accepted. These results indicate that there is an effect of learning assisted by social media Facebook on student learning outcomes. Based on the results of Paired Samples Test and Paired samples correlations, the value of sig (2- tailed) 0,000 <0,05 indicates that there is a significant influence of learning assisted by Facebook social networking on the results of learning physics on the topic of the solar system.


Keywords


media sosial facebook, teknologi, hasil belajar. Facebook as social media, technology, learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter