Analisis Profil Proses Kognitif Pemahaman Konsep Siswa

Rachma Afifah(1*),

(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author


Abstract


Proses pembelajaran fisika pada umumnya berpusat pada guru dan kurang memberikan peluang pada siswa untuk mengembangkan potensi diri dengan mengeluarkan ide yang dimiliki. Pembelajaran tersebut mengakibatkan pemahaman konsep siswa kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil proses kognitif pemahaman konsep siswa pada materi getaran dan gelombang. Pemilihan sample melalui teknik random sampling. Metode pada penelitian adalah metode eksplorasi. Pengumpulan data untuk profil proses kognitif pemahaman konsep melalui tes berupa soal pilihan ganda yang sudah dibuat sesuai aspek profil proses kognitif pemahaman konsep. Hasil analisis profil proses kognitif pemahaman konsep diperoleh presentase interpretasi 53,33%; mencontohkan 66,67%; mengklasifikasi 63,33%; mengeneralisasi 76,67; inferensi 58,89%; membandingkan 15%; menjelaskan 41,11%.

Keywords


getaran, gelombang, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Akarsu, B. (2011). Evaluating College Students’ Conceptual Knowledge of Modern Physics: Test of Understanding on Concepts of Modern Physics (TUCO_MP). European Journal of Physics Education,2(1),1-7.

Akarsu, B. 2012. TOCUSO: Test of Conceptual Understanding on High School Optics Topics. European Journal of Physics Education,special: 53-59.

Anderson, L. W.,& Krathwonl, David R. (2001). Taxonomy for learning, Teaching and Assessing: a Revision of Blom’s Taxonomy. New York: Longman Publishing.

Arista, F. S., & Heru K. (2018). Virtual Physics Laboratory Application Based on the Android Smartphone to Improve Learning Independence and Conceptual Understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1-16.

Basyari, N. (2015). Penerapan Levels of Inquiry pada Tingkat Interactive Demonstrasion untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pesawat Sederhana pada Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Baybars, M. G.,& Huseyin K. (2018). The Effect 7E Learning Model on

Conceptual Understandings of Prospective Science Teachers on “de Broglie Matter Waves” Subject. European Journal of Educational Research, 7(2),387-395.

Cahyati, C. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Energi. Skripsitidak diterbitkan Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kola, A J. (2017). Investigating the Conceptual Understanding of Physics through an Interactive Lecture-Engagement. Cumhuriyet International Journal of Education, 6(1),82-96.

Kumar, A.,& Madhu, M. (2013). Effect of Concept Attaiment Model on Acquisition of Physics Concepts. Universal Journal of Educational Research, 1(3),165-169.

Sari, E, R. (2016). Remidiasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Strategi PDEODE di SMA. Skripsi tidak diterbitkan Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Sulisworo, D., & Novitasari, S. (2017). Science Learning Cycle Method to Enchance the Conceptual Understanding and the Learning Independence in Physics Learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(1), 64-70.

Trianggono, M, M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 3(1),1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i2.1738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter