PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA KONTESKTUAL BERBASIS ANDROID POKOK BAHASAN TEKANAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Wurwiarwin Wurwiarwin, Unggul Wahyono, I Komang Werdiana

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk menghasilkan komik fisika kontekstual pada materi tekanan untuk Sekolah Menengah Pertama yang dapat diakses pada perangkat mobile android sebagai bahan ajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana metode mengacu pada model 4-D, pembangan dimulai dari tahap pendefinisian materi, tahap perancangan media sampai diperoleh produk, tahap pengembangan produk yang telah jadi kemudian divalidasi oleh beberapa ahli dan hasil validasi sebagai bahan untuk revisi, kemudian ditahap penyebarluasan dilakukan uji coba terhadap siswa. Adapun software yang digunakan dalam mendesain dan menggambar komik adalah Photoshop CS4 digunakan untuk proses pewarnaan gambar, Corel Draw CS4 digunakan untuk mengubah resolusi gambar dan untuk mengisi balon kata komik, Panit digunakan untuk proses mengubah ukuran gambar dan bentuk gambar menjadi JPG. Komik yang didesain berisi cerita tentang dua orang anak kembar bernama Bilo dan Olo yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang ilmu fisika, bersama kawan-kawannya. Komik ini mengangkat sisi kontekstal dengan menggunakan gaya bahasa daerah setempat dan lokasi disekitar wilayah Kota Palu, komik yang telah dikembangkan, diterbitkan melalui sistem operasi android dan di unggah ke dalam aplikasi webtoon. Subjek penelitian uji coba kelayakan komik adalah siswa kelas VIII Taufik Ismail SMP Negeri Terpadu Madani Palu. Skor rata-rata yang diperoleh sebesar 3,46 dan dikategorikan sangat setuju. Hasil penelitian menunjukan komik fisika kontekual yang dikembangkan dapat dijadikan bahan ajar dalam proses pembelajaran siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astiningrum, Prawitasari, (2013). Hubungan Antara Minat Terhadap Komik Jepang (Mangga) Dengan Kemampuan Rekoginisis Emosi Melalui Wajah. Yogyakarta: Jurnal Psikologi.34(2).

Daryanto (2011). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jakarta: Gava Media.

Han, I., & Shin, W. S. (2016). The use of a mobile learning management system and academic achievement of online students. Computers and Education, 102, 79–89. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.07.003

Hanson, A., Drendel, A. L., Ashwal, G., & Thomas, A. (2017). The Feasibility of Utilizing a Comic for Education in the Emergency Department Setting. Health Communication, 32(5), 529–532. https://doi.org/10.1080/10410236.2016.1211076

Nugraha, E. A., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2012). Pembuatan bahan ajar komik sains inkuiri materi benda untuk mengembangkan karakter siswa kelas IV SD. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 60–68. http://doi.org/10.15294/UPEJ.V1I2.1379

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. ModelPembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumens Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter