PEMAHAMAN KONSEP SUHU DAN KALOR MAHASISWA CALON GURU

Muhammad Reyza Arief Taqwa, Rian Priyadi, Lugy Rivaldo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika dalam memahami konsep kalor. Penelitian dilakukan pada mahasiswa S1 pendidikan fisika (37 mahasiswa semester 2, 21 mahasiswa semester 4, dan 14 mahasiswa semester 6) dan 24 mahasiswa S2 pendidikan fisika. Data yang diungkap difokuskan pada pemahaman konsep kalor jenis dan kapasitas kalor. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa masih mengalami kekeliruan dalam memahami beberapa konsep, diantaranya (1) menyatakan bahwa kalor jenis dipengaruhi oleh massa, kalor dan perubahan suhu, (2) memaknai kalor jenis besar sebagai benda yang mudah mengalami kenaikan suhu, dan (3)  menyatakan bahwa kapasitas kalor dipengaruhi oleh kalor dan kenaikan suhu.

Keywords


Pemahaman konsep, suhu dan kalor.

Full Text:

PDF

References


Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44–50. DOI:10.26740/jpfa

Beichner, R. J. (1996). The impact of video motion analysis on kinematics graph interpretation skills. American Journal of Physics, 64(10), 1272–1277. DOI:10.1119/1.18390

Berek, F. X., Sutopo, S., & Munzil, M. (2016). Concept enhancement of junior high school students in hydrostatic pressure and archimedes law by predict-observe-explain strategy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 230–238. DOI:10.15294/jpii.v5i2.6038

Fauzi, A., & Radiyono, Y. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar I Berbasis Spreadsheet dengan Pendekatan Analitik dan Numerik. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 15–21.

Fikri, K., Wiyanto, & Susilo. (2012). Penerapan Pembelajaran Fisika dengan Analogi untukn Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 1–4.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). New Jersey: Prentice Hall, Upper Saddle River.

Hamidah, Darmadi, I. W., & Darsikin. (2015). Analisis Pemahaman Arti Fisis Konsep Newton Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 3(4). DOI:10.22487/j25805924.2015.v3.i4.5371

Hanna, D., Sutarto, & Harijianto, A. (2016). Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(5), 23–29.

Haryadi, R. (2016). Korelasi Antara Matematika Dasar Dengan Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 124–127. DOI:10.30870/JPPM.V9I1.988.G789

Hasnawiyah, Wahyono, U., & Darsikin. (2013). Pemahaman Konsep Hubungan antara Arah Gaya , Kecepatan dan Percepatan dalam Satu Dimensi pada Mahasiswa Calon Guru Fisika FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(3), 38–44. DOI:10.22487/j25805924.2013.v1.i3.2537

Iacobucci, D. (2001). Measurement. Journal of Consumer Psychology’s Special Issue on Methodological and Statistical Concens of the Experimental Behavioral Researcher, 10(1&2), 55–69. DOI:Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates

Iriyanti, N. P., Mulyani, S., & Ariani, S. R. D. (2012). Identifikasi Miskonsepsi Pada Materi Pokok Wujud Zat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bawang. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 8–13.

Ismiazizah, N., Prihandono, T., & Harijianto, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Disertai Concept Mapping terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika di SMAN Tempeh. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 383–389.

Istyowati, A., Kusairi, S., & Handayanto, S. K. (2017). Analisis Pembelajaran dan Kesulitan Siswa SMA Kelas XI terhadap Penguasaan Konsep Fisika. In Seminar Nasional III (pp. 237–243). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Justica, A. A., Azrau, E. P., & Suryanda, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Analogi dalam Pembelajaran IPA terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Biosfer, 8(1), 51–56.

K, E. setyadi, & Komalasari, A. (2012). Miskonsepsi Tentang Suhu dan Kalor Pada Siswa Kelas 1 Di Sma Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah. Berkala Fisika Indonesia, 4(1 & 2), 46–49.

kaniawati, I. (2017). Pengaruh Simulasi Komputer terhadap Peningkatan Penguasan Konsep Impuls-Momentum Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 24–26.

Kulkarni, V., & Tambade, P. (2013). Assessing the Conceptual Understanding about Heat and Thermodynamics at Undergraduate Level. European Journal Of Physics Education, 4(2), 9–16. Retrieved from http://ejpe.erciyes.edu.tr/index.php/EJPE/article/view/101

McDermott, L. C. (2001). Oersted Medal Lecture 2001: “Physics Education Research—The Key to Student Learning.” American Journal of Physics, 69(11), 1127–1137. DOI:10.1119/1.1389280

Meltzer, D. E. (2004). Investigation of students’ reasoning regarding heat, work, and the first law of thermodynamics in an introductory calculus-based general physics course. American Journal of Physics, 72(11), 1432–1446. DOI:10.1119/1.1789161

Nurdin, A. N. (2017). Analisis Hubungan Kemampuan Numerik dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Muhammadiyah di Makasar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5(2), 193–204.

Nurlailiyah, A., & Deta, U. A. (2015). Studi korelasi antara kemampuan matematika dengan hasil belajar fisika di sma pgri sumberrejo bojonegoro tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 64–69.

Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 6(1), 53–55. DOI:10.22487/j25805924.2018.v6.i1.10020

Rivaldo, L., Taqwa, M. R. A., & Taurusi, T. (2018). Resources Siswa SMA tentang Konsep Gaya Archimedes. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(3), 251–258. Retrieved from http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/issue/view/114/showToc

Sijtsma, K. (2009). On the use, the misuse, and the very limited usefulness of cronbach’s alpha. Psychometrika, 74(1), 107–120. DOI:10.1007/s11336-008-9101-0

Taber, K. S. (2017). The Use of Cronbach’s Alpha When Developing and Reporting Research Instruments in Science Education. Research in Science Education, 1–24. DOI:10.1007/s11165-016-9602-2

Taqwa, M. R. A. (2017). Profil Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam Menentukan Arah Resultan Gaya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 79–87).

Taqwa, M. R. A., Hidayat, A., & Supoto. (2017). Konsistensi Pemahaman Konsep Kecepatan dalam Berbagai Representasi. Jurnal Riset & Kajian Pendidikan Fisika, 4(1), 31–39. DOI:http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v4i1.6469

Taqwa, M. R. A., Hidayat, A., & Sutopo. (2017). Deskripsi Penggunaan Program Resitasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membangun Free-Body Diagrams ( FBDs ). Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 5(1), 52–58. DOI:10.22487/j25805924.2017.v5.i1.8411

Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55. DOI:10.5116/ijme.4dfb.8dfd

Warrens, M. J. (2014). On Cronbach ’ s Alpha as the Mean of All Possible ? -Split Alphas. Advance in Statistic, 2014, 5–10.

Yeo, S., & Zadnik, M. (2001). Introductory thermal concept evaluation: assessing students’ understanding. The Physics Teacher, 39(8), 496–504. DOI:10.1119/1.1424603

Yurdugül, H. (2008). Minimum Sample Size for Cronbach’S Coefficient Alpha: a Monte-Carlo Study. H.U. Journal of Education, 35(1999), 397–405.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter