PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING PADA MATERI FLUIDA DINAMIS SMA KELAS XI

Ayu Safitri, Eko Suyanto, Ismu Wahyudi

Abstract


Model pembelajaran collaborative teamwork learning merupakan model pembelajaran yang menekankan kerjasama peserta didik dalam kelompok. Peserta didik diberikan tugas di dalam kelompoknya, sehingga setiap peserta didik memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Bertanggungjawab dan bekerjasama merupakan salah satu sikap sosial yang dapat melatih aspek afektif peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis collaborative teamwork learning pada materi fluida dinamis yang dapat digunakan oleh peserta didik jenjang pendidikan SMA kelas XI tervalidasi. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan produk yang dikembangkan. Penelitian pengembangan mengacu pada desain penelitian dan pengembangan (R & D) menurut Sugiyono, dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Produk akhir yang dihasilkan kemudian diberikan skor oleh ahli materi dan ahli desain yang telah dikonversi dalam pernyataan kualitatif. Uji ahli meteri dan uji ahli desain memperoleh kriteria sangat baik. Produk akhir juga memperoleh skor dari responden, dengan pernyataan kualitatif untuk uji kemenarikan adalah sangat menarik, uji kemudahan dengan kriteria sangat mudah, dan uji kemanfaatan dengan kriteria sangat bermanfaat.


Keywords


Collaborative Teamwork Learning, Fluida Dinamis, Lembar Kerja Peserta Didik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter