Profil Literasi Konsep Fisika Peserta Didik Pada Mitigasi Bencana Hujan Es Antapani

Tirto Atmojo, Chaerul Rochman, Dindin Nasrudin

Abstract


Pembelajaran fisika berorientasi dari fenomena alam. Fenomena alam akan lebih bermakna jika terjadi di sekitar lingkungan peserta didik, sehingga peserta didik harus memiliki literate terhadap fenomena alam sekitar.  Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan profil literasi konsep fisika peserta didik tentang hujan es di kecamatan Antapani. Metode yang digunakan adalah metode pre experiment dengan one shoot test design. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrumen literasi berisi 4 pertanyaan mengenai proses, konsep, konteks dan sikap terbaik  kepada peserta didik dalam menanggapi fenomena tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil literasi sains peserta didik terhadap hujan es di Antapani secara keseluruhan masih dalam kategori rendah. Rata-rata nilai keseluruhan peserta didik pada sekolah terdekat adalah 2,02 dan pada sekolah terjauh adalah 2,22. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan awal untuk penyusunan bahan pengayaan tentang materi fisika terkait bencana hujan es di kecamatan Antapani.


Keywords


literasi, konsep fisika, mitigasi bencana hujan es

Full Text:

PDF

References


Al-maraghi, F. A., Rochman, C., & Suhendi, H. Y. (2017). Profil literasi peserta didik terhadap mitigasi bencana gunung berapi di daerah sukaratu tasikmalaya, 2(2), 32–35.

Budianto, W, E., Sucahyo, I., Prastowo, T., Rahmawati, E. (2013). Perambatan Gravity Current dalam Skala Laboratorium sebagai Pemodelan Lahar Dingin dan Intrusi Air Laut, 1(2), 64–68.

Maknun, J. (2015). Pembelajaran Mitigasi Bencana Berorientasi Kearifan Lokal pada Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Pendidikan, 5(2), 143–156.

Rochman, C., Nasrudin, D., Muslim, & Hermita, N. (2017). Characteristics of the ability of physics concept in enrichment teaching materials of natural and mineral resources (NMRs) literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 252–256.

https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9482 .

Rusilowai, A., Binadja, A., Mulyani, S, E, S. (2012). Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology and Society., Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia . 51-60.

Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an instrument of scientific literacy asessment on the cycle theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5718–5727.

Sandi, M. I., Setiawan, A., & Rusnayati, H. (2014). Analisis Buku Ajar Fisika Sma Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Komponen Literasi Sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika. 94-102.

Sánchez, J. L., Fraile, R., de la Madrid, J. L., de la Fuente, M. T., Rodríguez, P., & Castro, a. (1996). Crop Damage: The Hail Size Factor. Journal of Applied Meteorology.

https://doi.org/10.11751520-0450(1996)035<1535:CDTHSF>2.0.CO;2 .

Shamuganathan, S., & Karpudewan, M. (2015). Modeling environmental literacy of malaysian pre-university students. International Journal of Environmental and Science Education, 10(5), 757–771. https://doi.org/10.12973/ijese.2015.264a .

Shamuganathan, S., & Karpudewan, M. (2017). Science writing heuristics embedded in green chemistry: A tool to nurture environmental literacy among pre-university students. Chemistry Education Research and Practice, 18(2), 386–396.

https://doi.org/10.1039/c7rp00013h .

Soobard, R., & Rannikmäe, M. (2011). Assessing Student’s Level of Scientific Literacy Using Interdisciplinary Scenarios. Science Education International, 22(2), 133–144. Retrieved from http://www.ut.ee/BG/miia_rannikmae/Publications/Assessing_Students_Level_of_Scientific_Literacy.pdf .

Zakwandi, R., Rochman, C., Nasrudin, D., Yuningsih, E. K., & Putra, S. (2018). Profil Literasi Fisika Siswa Madrasah Terhadap Mitigasi Bencana Erosi Batang Sinamar. Jurnal Pendidikan Islam Belajea, 3(1), 47–58.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/bjpi.v3i1.279 .




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter