PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK SISWA KELAS XII SMA NEGERI ABULYATAMA

syarifah rahmiza muzana, Hasanah - -

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui penerapan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika pada materi rangkaian arus bolak balik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XIII SMA Negeri Abulyatama. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purpose Sampling dengan desain yang digunakan nonrandommized control group pre-test post-test. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistic uji t, pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh t hitung = 4,30 dan t tabel  dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 51 = 1,69 sehingga t hitung >t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan  yang signifikan antara belajar dengan  Laboratorium Virtual terhadap hasil belajar siswa kelas XII di SMAN 1 Abulyatama.

Keywords


laboratorium virtual,hasil belajar, rangkaian arus bolak-balik

Full Text:

Untitled PDF

References


Abdurahman, M. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Anonim. 2010 Evaluasi Hasil Belajar, Jakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Yogyakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Manurung, R. S. & Rustaman, Y. N. 2010. “Hand and Minds Activity” dalam pembelajaran Fisika Kuantum untuk Calon Guru Prosiding Seminar Nasional Fisika. Medan: Universitas Negeri Medan.

Mardana. 2011. “Penerapan Strategi Pembelajaran Pengubah Miskonsepsi dengan Model Simulasi Komputer Berorientasi Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Minat, Hasil Belajar, dan Literasi Komputer Siswa”, jurnal pendidikan dan pengajaran IKIP Negeri Singaraja.

Michael dan Murlis Helen. 2011. Reward Management. Buku satu dan dua, terjemahan Ramelan . Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Misbachudin, Priyanto, I.E. 2010. “Penggunaan Software Pembelajaran Fisika Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 38 Jakarta”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan.

Novi, 2012. “Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan lab virtual phet pada materi gelombang elektromagnetik di SMA 1 kutorejo” ejournal.unesa.

Puspita, Rani. 2012. Sistem Informasi Aplikasi Virtual Lab Pada Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Procceding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intilijen (KOMMIT 2008) Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, 20-21 Agustus 2008. ISSN : 1411-6286

Salam, Haipan, Agus setiawan, dan Ida Hamidah. 2010. “pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Listrik Dinamis”. Disajikan Proceeding of The 4th International Conference On Teacher Education: Join Conference UPI & UPSI, Tanggal 8-10 November 2010 di Bandung, Indonesia.

Sarini, Putri. 2011. “Pengaruh Virtual Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari MotivasiA Belajar Siswa SMA 1 Singaraja.”Jurnal pendidikan dan pengajaran IKIP Negeri Singaraja

Sugiono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif , Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter