PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PRO CS6 UNTUK KELAS X SMAN 115 JAKARTA

Ria Ria Asep sumarni

Abstract


Abstrak

Pembelajaran fisika khususnya pokok bahasan kinematika merupakan materi yang membutuhkan animasi untuk menarik perhatian siswa dalam belajar. Penelitian ini didasari dari hasil observasi di SMAN 115 Jakarta, bahwa pembelajaran fisika di kelas masih menggunakan metode ceramah dan menggunakan buku ajar. Sehingga peneliti melakukan penelitian yang  bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan pokok bahasan kinematika berbasis Macromedia Flash Pro CS6. Metode penelitian ini menggunakan  metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Langkah-langkah yang dilakukan adalah: 1.  identifiskasi masalah (observasi), 2. mengumpulkan informasi (interview), 3. merancang produk , 4. memvalidasi produk (ahli media dan ahli materi), 5. revisi produk, 6. uji produk. Hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan siswa SMAN 115 Jakarta sebanyak 97.22% ,95.24% dan 92.75%. Efektifitas media pembelajaran interaktif dengan pokok bahasan kinematika berbasis Macromedia Flash Pro CS6 ditandai dengan meningkatnya nilai fisika siswa. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar yang inovatif.Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, Macromedia Flash Pro CS6, kinematika.

Keywords


development, instructional media, Macromedia Flash Pro CS6, kinematics

Full Text:

PDF

References


Aththibby, A. R. & Salim, M.B. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF) UM Metro. Vol 3 No. 2. Hal. 25-33.

Fatoni, Ahmad., dkk. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Tutorial Berbasis Adobe Flash Materi Cahaya Siswa SMP Kelas VIII”Prosiding Seminar Nasional Pendidikan .UNSA

Giancoli, Douglas C. (2001). Fisika Dasar Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hidayatullah, Priyanto, dkk. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan FLASH: Membuat Presentasi Visualisasi Materi Pelajaran Lebih Menarik. Bandung: Penerbit Informatika.

Meltzer, D.E. (2002). “The Relationsip Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning gains in Physics: Posisible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores”. American Journal of Physics.70(7).

Pratiwi, Erlia Dwi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pokok Bahasan Kinematika Gerak di Perguruan Tinggi. http://repository.radenintan.ac.id/651/1/COVER_kedua_R.pdf. (diakses tanggal 9 agustus 2017)

Sugiono. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Wijayanto, Susilawati. (2015). “Rancangan Kinematika Gerak Menggunakan Alat Eksperimen Air Track Untuk Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video”.Jurnal Informatika UPGRIS. Volume 1 Nomer 2 Edisi Desember.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter