PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KEUNGGULAN TEKNOLOGI DAN DIJIWAI NILAI ISLAM MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X

Eko Nursulistiyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS Fisika kelas X yang memiliki nilai keIslaman dan keunggulan Teknologi untuk digunakan di Sekolah Muhammadiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode 4D (Difine, Design, Develop, Deseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian ahli terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian yang telah dilakukan memberikan hasil bahwa telah dapat dikembangkan sebuah LKS untuk siswa kelas X menggunakan teknologi terbaru dalam proses pembelajaran fisika dan memasukkan nilai-nilai Islam. LKS dianggap layak dengan hasil penilaian ahli materi dan media: materi berada pada kategori sangat baik (53.2), tujuan pada kategori sangat baik (17), Metode pada kategori baik (83.6), evaluasi pada kategori sangat baik (36.6), sistematika pada kategori sangat baik (21.6), kemenarikan pada kategori sangat baik (71.3), dan terperinci pada kategori sangat baik (25.6). Tahap selanjutnya adalah uji ke siswa di sekolah dan diseminasi. Tahap ini tidak dilakukan pada penelitian ini dan akan dilaksanakan pada penelitian selanjutnya.


Keywords


LKS, teknologi, nilai-nilai Islam

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. H. (2012 ). Efektifitas Penggunaan Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) di MTs Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan Tahun 2008-2009. Jurnal Studi Islam Madinah , 58-68.

Asmawati, E. Y. (2015). Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika , 1-16.

Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Setyadi, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi , 58-62.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2014). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Eko Putro W. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2012, Maret 8). Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved Desember 20, 2016, from UPI Direktori Website: http://file.upi.edu/Direktori/FI

Representation”. Physics Review Special Topics, Physics Education Research. 2, (020101), 1 – 10.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter