PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEGIGIHAN SISWA PADA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY INKUIRI DAN PENUGASAN DI SMK MUH 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sunaryo Sunaryo(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Keberanian untuk meraih kesempatan dan menggunakan kesempatan untuk berkembang harus dikembangkan sejak di SMK. Untuk berwirausaha, seseorang harus memiliki sikap pantang menyerah dan ulet. Sikap tersebut merupakan kegigihan seorang wirausaha untuk mencapai kesuksesan. Memiliki sikap gigih merupakan salah satu keberhasilan mata pealajaran kewirausahaan di SMK, termasuk di SMK Muhammadiyah (Muh) 2 Metro. Selain hasil belajar kognitif, sikap gigih merupakan hasil belajar ranah afektif yang sangat penting dalam membangun mentalitas seorang wirausahawan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada KD menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet siswa kelas IX TKR-1 dalam pembelajaran Kewirausahaan di SMK Muh 2 Metro, dan meningkatkan kegigihan siswa dalam wirausaha. Penelitian dilaksanakan diSMK Muh 2 Metro pada siswa kelas IX TKR-1 B, semester ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Jumlah siswa 32 siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dari bulan Juli sampai dengan bulan September tahun 2012. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil belajar, kegigihan belajar siswa dan proses pembelajaran Kewirausahaan, siswa kelas IX TKR-1 di SMK Muh 2 Metro pada KD menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet dapat meningkat melalui pembelajaran menggunakan pembelajaran discoveryinkuiri dan penugasan. Sehingga disarankan dalam penerapan Discovery Inkuiri musti diberikan tujuan yang jelas pada saat penugasan. Hal dimaksudkan agar siswa tidak cepat putus asa karena tujuan yang akan dicapai tersebut dapat dijadikan dasar untuk menentukan cara meraihnya. Berikan penugasan secara berkelompok dengan keluasan akses dan cara yang digunakan sehingga peran teman sebaya dapat dioptimalkan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Metode pembelajaran discoveryinkuiri harus digunakan secara bertahap dengan melalui anya jawab dan diskusi pada fase awal. Hal ini dilakukan untuk mendorong secara intensif intensitas kegigihan siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Gagne, M. Robert., Briggs J Leslie, Wager. W Walter. 1992. Principle of Instruc-tional Design Fourth Edition. New York.

Ginanjar, Ary.2014. Bagaimana Mengembangkan Karakter Gigih. http://aryginanjar.com/bagaimana-mengembangkan-karakter-gigih/

Gulo, 2008.Strategi Belajar-Mengajar .Jakarta: PT. Gramedia Widiasaranaindonesia

Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kasali, Rhenald.2010.Wirausaha Mandiri.Gramedia Pustaka Utama:Jakarta

Suprijono, A. 2011.Cooperative Learning.Yogyakarta : Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i1.479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Universitas Muhammadiyah Metro
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Kota Metro, Kode Pos 34111, Lampung, Indonesia



Lisensi Creative Commons
Jurnal PROMOSI : Pendidikan Ekonomi is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/ekonomi.

 

PROMOSI : Jurnal Pendidikan Ekonomi indexed by:

    

 

 

 

Flag Counter:

Flag Counter
 
 
 
 
 
View My Stats