PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH EKONOMI PEMBANGUNAN

Tiara Anggia Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Ekonomi Pembangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen design yaitu pretest posttest control group design.Analisis data menunjukkan hasil belajar model Problem Based Instruction mengalami peningkatan 51,5% dilihat dari perbandingan evaluasi pretestmahasiswa 28,5% sedangkan mahasiswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi posttest adalah 80%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis dapat diterima sebab thitung (tdaf) = 3,76 lebih besar dari pada ttabel (ttab) = 1,70 dan 2,47. Dengan demikian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Instruction pada matakuliah Ekonomi Pembangunan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa di UM Metro


Full Text:

PDF

References


Ibrahim, M dan M. Nur. 2004. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah, Program Pascasarjana UNESA, University Press.

Karwono, 2012.Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaat Sumber belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mulyasa E. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution, P. 2008. Penerapan Model Problem Based Instruction (Problem Based Instruction) dalam Pembelajaran Matematika di SMU. Dinamika Vol. VI No. 1, 33

Nurhadi. 2004.Kurikulum 2004 (pertanyaan dan jawaban).Jakarta: Grasindo.

Sinambela. 2008. Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran Dalam Model Pembeljaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) dalam jurnal.pdii.lipi.go.id diakses tanggal 15 juli 2010

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2003.Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2011.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparmanto,A.2004.Penerapan Metode Projek dalam setting model pembelajaran Berdasar Masalah untuk mengajar biologi di SMA.Suplemen DiajukanKepada Ketua Program Studi pendidikan sains Program PascasarjanaUniversitas Negeri Surabaya sebagai Arsip. Surabaya: Program Studipendidikan sains, Program pascasarjana UNESA

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i1.474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


STATISTIK PENGUNJUNG

  promosi Stats 

 

DI INDEX OLEH:

 

Flag Counter:

Flag Counter