EVALUASI PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Meyta Pritandhari, Triani Ratnawuri

Abstract


Proses pembelajaran adalah faktor penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran dosen harus memberikan penjelasan yang dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami materi yang diajarkan. Salah satu cara yang digunakan dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan video tutorial. Media pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah pengenalan komputer adalah media video tutorial. Penggunaan video tutorial berdampak positif terhadap mahasiswa. Mahasiswa lebih tertarik terhadap pembelajaran yang langsung di praktekkan. Video tutorial berisi tentang materi yang akan dipelajari. Pemanfaatan video tutorial terhadap pembelajaran bukan hanya memudahkan mahasiswa dalam mendalami materi, tapi memudahkan dosen dalam membimbing mahasiswa secara langsung.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif dengan model analisis interaktif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling  untuk  mahasiswa.  Teknik  pengumpulan  data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi  kualitas belajar mahasiswa. Diantaranya adalah pembelajaran yang monoton, kurangnya fasilitas pembelajaran, dan materi kurang menarik. Oleh karena itu penggunaan media video tutorial sangat bermanfaat bagi pembelajaran. Kurangnya kemandirian belajar dapat diatasi dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yaitu media video tutorial. Dengan menggunakan media berupa video tutorial mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti mata kuliah pengenalan komputer. Minat mahasiswa dalam belajar pun meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh tingkat absensi yang hampir selalu terisi penuh. Hasil rekap absen kelas A dan B menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa yang tidak masuk hanya  10 % atau 7 mahasiswa selama satu semester ini. Jika dibandingkan dengan semester yang lalu mahasiswa yang tidak hadir bisa mencapai 20% atau 14 mahasiswa selama satu semester. Dengan meningkatnya minat mahasiswa, akan berdampak terhadap hasil dan kualitas  pembelajaran yang meningkat.

 

Kata kunci :  Media Pembelajaran, Video Tutorial, Hasil belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Al-Firdaus, Iqra’ . 2010. Buku Lengkap Tuntunan Menjadi Kameraman Profesional. Yogyakarta: Buku Biru.

Arsyad Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kustiono. 2010. Media Pembelajaran: Konsep, Nilai Edukatif, Klasifiasi, Praktek Pemanfaatan dan Pengembangan. Semarang: Unnes Press

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riyana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai . 2005. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta:




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i2.329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


STATISTIK PENGUNJUNG

  promosi Stats 

 

DI INDEX OLEH:

 

Flag Counter:

Flag Counter