PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA PGRI 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Maryatun Maryatun(1*),

(1) Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro
(*) Corresponding Author


Abstract


Model Problem Based Learning (PBL) merupakan Inovasi dalam pembelajaran karena Problem Based Learning (PBL) mengutamakan kemampuan berpikir siswa betul-betul dioptimalkan melalui kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji, dan mengembangkan kemampuan berpikirnya berkesinambungan. Hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 1 Metro dan variabel dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL) dan Hasil Belajar, dalam tahap awal penelitian ternyata peneliti menemukan masih banyak siswa yang belum tuntas dalam hasil belajar dengan presentase ketuntasan hanya 28,5 % dan presentase belum tuntas mencapai 71,5 % adapun sampel dari penelitian ini adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol.

Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil analisis perhitungan nilai thitung dan ttabel diketahui bahwa thitung > ttabel. Pada taraf signifikan 5% yaitu 8,42 > 1,70 yaitu thitung lebih besar 6,72 dari ttabel dan pada taraf signifikan 1% yaitu 8,42 > 2,47 yaitu thitung lebih besar 5,95 dari ttabel dengan demikian H0 diterima. Sedangkan hasil belajar ekonomi yang mencapai ketuntasan sebanyak 80 % hal ini jauh lebih baik dibandingkan hasil yang diperoleh sebelum dilakukan treatment yaitu sebesar 28,5 %.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian dan Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi dan Suwandi.2011.Memahami Penelitian Kualitatif.Jakarta:Rineka Cipta. Sudjana. 2009.Metode Statistik Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v5i2.1225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Universitas Muhammadiyah Metro
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Kota Metro, Kode Pos 34111, Lampung, Indonesia



Lisensi Creative Commons
Jurnal PROMOSI : Pendidikan Ekonomi is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/ekonomi.

 

PROMOSI : Jurnal Pendidikan Ekonomi indexed by:

    

 

 

 

Flag Counter:

Flag Counter
 
 
 
 
 
View My Stats