MAIN MENU

MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI KERJA SAMA PELAYANAN GURUPEMBIMBING (BK) DAN ORANG TUA

Hadi Pranoto(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Metro
(*) Corresponding Author

PDF

doi: https://doi.org/10.24127/gdn.v2i1.360



Abstract

Realita lapangan menunjukan bahwa siswa di Indonesia tidak memiliki kemauan dan keinginan belajar yang tinggi. Banyak siswa merasa “tidak bersemangat” di dalam kelas, tidak mampu memahami dengan baik pelajaran yang disampaikan oleh guru-guru mereka dan kurangnya guru pembimbing dalam memberikan layanan. Siswa masih menganggap kegiatan belajar tidak menyenangkan dan memilih kegiatan lain di luar kontek belajar. Rendahnya motivasi belajar siswa akan membuat mereka tertarik pada hal-hal yang negatif. Tugas guru pembimbing (BK) adalah membangkitkan motivasi anak sehingga ia mau melakukan serangkaian kegiatan belajar. Kegiatan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Maka orang tua dan guru pembimbing (BK) perlu bekerja sama untuk  menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Pelayanan Guru Pembimbing (BK), Orang Tua


References


AM., Juhri. 2009. Landasan dan Wawasan Pendidikan Suatu Pendekatan Kompetensi

Guru.Metro: Lemlit UM Metro Press.

Budiningsih,C.Asri. 2005.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Karwono dan Mularsih, Heni.2010. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan

Sumber Belajar.Ciputat: Cerdas Jaya.

Rosra, Muswardi.2009. Makalah Seminar :Peran Organisasi Profesi dalam

Profesionalisasi Konseling. Lampung:ABKIN.

Tohirin. 2009, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Bebasis Intergrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Universitas Muhammadiyah Metro. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.

Wlodsowski R.J & Jaynes J.H. 2004.Hasrat Untuk Belajar. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.


Hadi Pranoto
Universitas Muhammadiyah Metro
Indonesia


10.24127/gdn.v2i1.360

134 Views, 95 Download Vol 2, No 1 (2012) Section: ARTICLES Submitted: 2016-03-02 Published: 2012-09-13