MAIN MENU

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI (TINGKAT PRA SEKOLAH/TK) DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA

Rahmad Bustanul Anwar(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Metro
(*) Corresponding Author

PDF

doi: https://doi.org/10.24127/gdn.v1i1.354



Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa subyek tidak mengalami kesulitan untuk menyelesaikan operasi perhitungan penjumlahan dalam bentuk gambar dan angka, sedangkan untuk pengurangan mengalami kesalahan perhitungan. Tetapi untuk penyelesaian soal penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk soal cerita, subyek belum mampu menyelesaikannya. Hal tersebut dikarenakan subyek belum mampu memaknai isi dari soal yang diberikan. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut, alternatif yang diberikan pada saat penelitian adalah memberikan bimbingan untuk memaknai isi dari soal yang diberikan, setelah subyek dapat memaknai isi dari soal kemudian subyek diminta untuk menyelesaikan soal tersebut.


Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Anak Usia Dini.


References


Montessori, Maria. 2008. The Absorbent Mind (Pikiran yang Mudah Menyerap). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prastiwi, Dinar Wiwien. Psikologi Anak Usia Dini. 2008. Surakarta.

Wiguna, Tjhin .2003. Seluk Beluk Kesulitan Belajar Pada Anak. Didapatkan 12 Juni 2010 dari http://groups.yahoo.com/group/cfbe/message/5531

UUD RI NO 20 TAHUN 2003 tentang SISDIKNAS PASAL 1


Rahmad Bustanul Anwar
Universitas Muhammadiyah Metro
Indonesia


10.24127/gdn.v1i1.354

372 Views, 332 Download Vol 1, No 1 (2011) Section: ARTICLES Submitted: 2016-03-02 Published: 2011-09-13