PENTINGKAH LOGBOOK UNTUK PENILAIAN KINERJA KELOMPOK?

Dasrieny Pratiwi, Kartika Sari

Abstract


This present study aimed to implement logbook on Media Pembelajaran subject to assess the group performance. Questionnaire were used to collect the data. Qualitative analysis  showed that using logbook is effective for assess the performance of group. The result also showed the students who contribute to the group and how they work. We can conclude that  assessing of group performance by using logbook is effective and recommended for other subject to use it. Combining the logbook instrument and learning instructional would be suggested.

Kata Kunci: logbook, learning instrument, group performance assessment  


References


Cairney, T. 2000. The knowledge based economy: Implications for vocational education and training. Centre for Regional Research & Innovation (CRRI) University of Western Sydney. Diakses pada tanggal 12 Juli 2014 dari http://trevorcairney.com/file/uploads/cgilib.22733.1.VETLitRview.pdf

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta

Fatimah, Fatia. 2012. “Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah melalui Problem Based Learning”. Jurnal Penelitin dan Evaluasi Pendidikan. Tahun 16. No.1. hal; 249-259

Febriana, Rina dan Sarbiran. 2001. “Pengaruh Kemandirian dan Kemampuan menyesuaikan diri terhadap prestasi Belajar Siswa Full DAY School”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi. No.4 Tahun III. Hal: 54-61

Hertiavi, M.A., Langlang, H. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol.6 .Januari.; Hal 53-57.

Mustajab, M., Sriyono, dan Fatmaryanti. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karanggayam Tahun Pelajaran 2012/2013”. Radiasi Vol1. No1. Hal: 36-40

Raharjo, Sabar Budi. 2012. “Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Tahun 16, Nomor 2. Hal : 511-532

Rosana, Dadan. 2009. “Model Pembelajaran Lima Domain Sains dengan Pendekatan Kontekstual untuk Mengembangkan Pembelajaran Bermakna”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Tahun 13. No.2 Hal: 268-285

Suarta, I Made. 2012.“Hubungan Sistem Pembelajaran , Lingkungan Belajar, Konsep diri, dan Pengembangan Employability Skill Mahasiswa”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Edisi Dies Natalis Ke-48 UNY. Hal: 24-41




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bioedukasi : e-ISSN (2442-9805), p-ISSN (2086-4701)

Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

(Phone1) +6285292078488 (Email1) bioedukasi.ummetro@gmail.com
(Phone2) +6281272920110

 Bio Statistik  

Web
Analytics VIEW MY STATE (Pengunjung Kami)

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter