PENGARUH STRATEGI STAD PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA DI KOTA METRO

Muhfahroyin Muhfahroyin

Abstract


The objectives of this research are to know the effect of STAD strategy toward the science process skills on different academic ability. This research was conducted at Senior High School students in Metro City, by using pretest-posttest nonequivalent control group design with factorial 2 x 2. The data was analysed by Ancova test. Based on the data analysis and discussion of this research show that there was an effect of STAD strategy toward the science process skills students, there was no a different between high and low ability students, there was no an effect of STAD strategy and academic ability interaction toward the science process skills students. Based on the result of this research, the researcher suggests that biology teachers in Metro City can be implemented the STAD strategy in biology learning to increasing science process skills students.

Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, STAD.

References


Afcariono, M. 2007. Penerapan Pembelajaran Masalah dengan Strategi Kooperatif Model STAD pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X Semester 1 SMAN 1 Ngantang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Anderson, R.C and Pearson, P.D. 1984. A Scemata-Theoritic View of Basic Processes ini Reading Comprehension. New York: Longman.

Anwar. 2006. Penggunaan Peta Konsep melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Proses, Hasil Belajar dan Respon pada Konsep Ekosistem Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arends, R.I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: Mcgraw Hill.

Armstrong, S. 1998. Student Teams Achievement Divisions (STAD) in a twelfth grade classroom: Effect on student achievement and attitude. Journal of Social Studies Research, Spring 1998, Kansas State University, College of Education, (Online), (http://findarticles. com/p/ articles/mi_qa3823/is_199804/ai_ n8783828, diakses 27 Desember 2007).

Ausubel, D.P. 1968. Educational Psichology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Basoeki, H.M.S. 2007. Pengaruh Pemberian Tugas Autentik Klasikal dan Non-Klasikal dalam Strategi Kooperatif STAD dan GI terhadap Pencapaian Kompetensi Biologi Peserta Didik Kelas XI SMAN di Kota Malang yang Berkemampuan Akademik Berbeda. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Corebima, A.D. 2007. Learning Strategies Having Bigger Potency To Empower Thinking Skill and Concept Gaining of Lower Academic Students. Proceedings of Redesigning Pedagogy Conference, Nanyang, May 28-30 2007. Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.

Ismail. 2005. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan STM terhadap Hasil Belajar Biologi SMA Negeri 1 Samudra Kabupaten Aceh Utara. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Johnson, D., Johnson, R., and Stanne, M.B. 2000. Cooperative Learning Methods: A Meta-Analysis. Minneapolis: University of Minnesota, (Online), (http:// www. co-operation. org/pages/ cl-methods.html, diakses 6 Nopember 2007.

Karuru, P. 2007. STAD untuk Pembelajaran IPA Biologi. Universitas Terbuka, (Online), (http://www.duniaguru.com).

Kunandar. 2007. Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas V SDN 01 Kali Baru Jakarta Utara, (Online), (http: //72.14.235.104 /search?q= cache:dwyx W2017I8J: www .pmptk. net/ file/Sinopsis% 2520FIW%25202007/Kunandar.pdf+model+pembelajaran+STAD+ filetype:pdf& hl=id&ct= clnk&cd=12&gl=id), diakses 15 Desember 2007).

Kundalini, K.S.D. 2007. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah melalui Strategi Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII-E SMP Negeri 1 Pujon. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Muhfahroyin. 2009. Meningkatkan Pemahaman Konsep Keaneka-ragaman Hayati melalui Implementasi Strategi Pembelajaran STAD pada Siswa SMA di Kota Metro Lampung. Berkala Penelitian Hayati. Edisi Khusus Nomor 3E Tahun 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v1i1.224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bioedukasi : e-ISSN (2442-9805), p-ISSN (2086-4701)

Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

(Phone1) +6285292078488 (Email1) bioedukasi.ummetro@gmail.com
(Phone2) +6281272920110

 Bio Statistik  

Web
Analytics VIEW MY STATE (Pengunjung Kami)

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter