MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMAN 1 RAMAN UTARAT.P. 2011/2012

Riska Desiana

Abstract


Students are difficult to capture and master the assigned material, this is because students rarely engage actively in learning. Aktivitas siswa dalam belajar kurang optimal karena sumber belajar yang digunakan umumnya terbatas pada guru dan buku teks, kurang melibatkan sumber belajar nyata di lapangan sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Students in learning activities less than optimal due to the use of learning resources are generally limited to teachers and textbooks, not involving real-life learning resources that affect student learning outcomes. Sebagai alternatif pemecahan masalah tersebut, digunakan metode kegiatan praktikum di laboratorium. As an alternative to solving the problem, use the method in the laboratory practical activities. Keunggulan metode ini adalah siswa mendapat kesempatan menguji dan melaksanakan pada keadaan nyata, yang diperoleh dari pembelajaran teori. The advantages of this method is that students have the opportunity to test and implement in a real situation, which is derived from learning theory. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi. This study aims to improve biological activity and learning outcomes. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan kegiatan praktikum di laboratorium dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa. Based on the results of research can be summed up in a lab practicum activities can enhance biological activity and student learning outcomes. Saran peneliti agar mengimplementasikan metode ini dalam pembelajaran biologi. Advice of researchers to implement this method in the teaching of biology.

Kata kunci:  Praktikum di Laboratorium, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Biologi

Full Text:

PDF

References


Daddy, Pascal. 2008. Penerapan Metode Praktikum dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa dalam Pokok Bahasan Asam dan Basa di SMP. (Online). (http://pascaldaddy512.wordpress.com diakses 21 November 2011 Pukul 10:30 WIB).

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan inovatif. Jakarta: Publisher.

Fitriani, Nita. M. 2009. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Kegiatan Praktikum di Laboratorium pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo. Skripsi. Tidak diterbitkan. Metro:Program SI Universitas Muhammdiyah Metro.

Harjanto. 2006 . Perencanan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Krisna. 2009. Pengertian dan Ciri-ciri Pembelajaran. ( Online) (http://krisna1.blog.uns.ac.id. diakses 19 Oktober 2011 Pukul 11:00 WIB).

Margono, Hadi. 2000. Metode Laboratorium. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rahayu, Tri. 2010. Penerapan Eksperimen dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP N 1 Seputih Raman. Skripsi. Tidak diterbitkan. Metro: Program SI Universitas Muhammadiyah Metro.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Subiyanto. 1998. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Jendral Tinggi Proyek Bimbingan Lembaga Tenaga Pendidikan.

Sukarman, Hery. 2004. Dasar-dasar Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah. Departemen Pendidikan Nasional.

Suprayekti, Dkk. 2004. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah. Departemen Pendidikan Nasional.

Yamin, Martinis. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v4i1.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bioedukasi : e-ISSN (2442-9805), p-ISSN (2086-4701)

Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

(Phone1) +6285292078488 (Email1) bioedukasi.ummetro@gmail.com
(Phone2) +6281272920110

 Bio Statistik  

Web
Analytics VIEW MY STATE (Pengunjung Kami)

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter