PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Ratini Ratini

Abstract


The objective of the research are to increase the student activities and learning achievement of Biology. The research conducted in class  SMA Muhammadiyah 1 Metro Academic Year 2010/2011 by using Classroom Action Research. There are two cycle in the research with tree meeting every cycle. The result of the research show that interactive multimedia can increase the student activities and learning achievement of Biology. Score average before using  Classroom Action Research is 28,23% and increase to 59,77% in cycle II. The reseacher suggest that interactive multimedia can implement to increase the student activities and learning achievement of Biology. Implementing of interactive multimedia make the students interesting to the learning.

 

Kata kunci: Multimedia Interaktif, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Adi. 2002. Multimedia Sebagai MediaPembelajaran Interaktif. (Online). http://ginigitu. wordpress.com/2009/04/21/ multimedia-sebagai-media-pembelajaran-interaktif/. diakses 18 Juni 2010).

Ahmadi, Abu. 1995. Psikologi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariani, Niken dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multi Media Di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Arikunto, Suharsini. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Dabutar, Jelarwin. 2010. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pengelasan Pada Siswa Yang Berprestasi Tinggi Dan Rendah Di Smk Swasta 1 Trisakti Laguboti - Kabupaten Toba Samosir. (Online). (http://smpn1 nainggolan. blogspot.com/2010/01/pengaruh-media-pembelajaran- html. diakses 3 November 2010).

Ena, Ouda Teda. 2001. Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Angkasa

Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. (online). (http://www.freewebs.com/santyasa/pdf2/MEDIA_PEMBELAJARAN.pdf. diakses 3 November 2010).

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers

Siswanto. 2007. Implementasi Pakem Melalui CTL Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Suhu dan Kalor di SMAN 14 Semarang. (Online). (http://komed. org/index2. hp?option=com _content&do_pdf=1&id=6. diakses 18 Juni 2010).

Sudjana, nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Wijaya, permana yoga. 2010. Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Tik. (Online).(http://dc199.4shared.com/download/Kx8V8dg8/EFEKTIVITAS_MEDIA_PEMBELAJARAN.pdf?tsid=20101027-234911-41bcc6b8 diakses 3 November 2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bioedukasi : e-ISSN (2442-9805), p-ISSN (2086-4701)

Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

(Phone1) +6285292078488 (Email1) bioedukasi.ummetro@gmail.com
(Phone2) +6281272920110

 Bio Statistik  

Web
Analytics VIEW MY STATE (Pengunjung Kami)

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter