UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN METODE TPS DISERTAI EKSPERIMEN PADA SISWA SMAN 1 BATANGHARI LAMPUNG TIMUR

Chisca Mutiara

Abstract


The purpose of the research is to increasing students learning outcomes. This method provides a direct experience for students, students' thinking skills, develop collaborative attitude with his partner and share knowledge with other students. The subjects in this research were students on grade X3 of SMAN 1 Batanghari academic year 2009/2010. This research was conducted on November 2009 which was carried out in 2 cycles. Each cycle is held 3 times meetings and every meeting in each cycle carried out the evaluation.The results of this research show that the students learning outcomes in the first cycle with learning completeness percentage 53.13% with an average rating of 67.65, on the second cycle increases with the percentage of mastery learning to be 84.37% with an average rating of 83.28. Based on the results and discussion can be concluded that learning with TPS that accompanied with experiments can increasing students learning outcomes. The researchers suggest to teachers can be implement the TPS method accompanied with experiments to increasing student learning outcomes.

 

Kata Kunci : TPS, eksperimen, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2008. Pendekatan Keterampilan Proses. (Online). http://teoripembelajaran.teknodik.net. Diakses pada 3 Maret 2009

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawati, Aira. 2009. Pembelajaran dengan Metode Eksperimen unuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTs. Roudhlotul Ulum Sumber Agung Seputih Mataram Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Metro : UM Metro.

Holil, Anwar. 2008. Keterampilan Proses. (Online). http:// anwarholil.blogspot.com diakses pada 3 Maret 2009.

Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning : Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung : Alfabeta.

Karlina, Ina. 2008. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) sebagai Salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa. (Online). http://www.sd-binatalenta.com. Diakses 20 Maret 2009.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru . Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Leaning : Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Marnasusanti, Ardian. 2007. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 5 Tegal Kelas XI IPA Dalam Sub Pokok Materi Pergeseran Kesetimbangan Kimia Melalui Metode Praktikum. Skripsi. Tidak Diterbitka. Program Sarjana. Semarang: Uneversitas Negeri Semarang.

Marselina. 2007. Kesuksesan dalam mencapai Prestasi Belajar. (Online). http//www. marselina .co.cc. Diakses 10 Juni 2009.

Martiningsih. 2007. Macam-macam Metode Pembelajaran. (Online). http//www. martininsih .co.cc. Diakses 10 Juni 2009.

Muhfahroyin. 2009. Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis. Makalah disajikan dalam Pelatihan Pembelajaran Biologi Konstruktivistik Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA, di Universitas Muhammadiyah Metro pada tanggal 10 Januari 2009.

Muhfahroyin. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran Integrasi STAD dan TPS dan Kemamuan Akademik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Di Kota Metro. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Program Pasca Sarjana Malang : Universitas Negeri Malang.

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kencana.

Semiawan, Conny dkk. 1987. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Sugiyanta. 2009. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Thing-Pair-Share (TPS) Pada Pokok Bahasan Zat Dan Wujudnya Di SMP N 1 Kalasan. (Online). http://lpmjogja.diknas.go.id. diakses 30 September 2009.

Sofa. 2008. Metode Demonstrasi Dan Metode Eksperimen. (Online). http://massofa.wordpress.com/ diakses 10 Juni 2009.

Suprianti, Dhia. 2009. Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA. (http://dhiasuprianti.wordpress.com/. diakses 10 Juni 2009).

Suyatna. 2007. Modul: Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disajikan dalam Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru. Departemen Pendidikan Nasional FKIP. Universitas Lampung, Bandar Lampung, November 2007.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Wahyudi, Indra. 2007. Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika melalui Pembelajaran Cooperative Learning Model Think Pair Share pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Trimurjo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. Metro: UM Metro.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bioedukasi : e-ISSN (2442-9805), p-ISSN (2086-4701)

Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

(Phone1) +6285292078488 (Email1) bioedukasi.ummetro@gmail.com
(Phone2) +6281272920110

 Bio Statistik  

Web
Analytics VIEW MY STATE (Pengunjung Kami)

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter