MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI VI KOTA SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

Elsje Theodora Maasawet

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan kerjasama dalam belajar biologi melalui penerapan strategi inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 6 Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dalam tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, dalam tiap pertemuan peneliti dan observer mengamati kemampuan kerjasama siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII-6 SMP Negeri 6 Samarinda yang berjumlah 44 orang dari populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Samarinda yang berjumlah 343 orang. Hasil penelitian menunujukkan bahwa siklus I dari tiga kali pertemuan diperoleh rata-rata kemampuan kerjasama siswa sebesar 12,04%, siklus II dari tiga kali pertemuan diperoleh rata-rata kemampuan kerjasama siswa dalam belajar biologi sebesar 61,58% siswa yang mampu, dan pada siklus III dalam tiga kali pertemuan diperoleh rata-rata kemampuan kerjasama siswa sebesar 84,53% siswa yang mampu. Berdasarkan hasil anlisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kerjasama siswa dalam belajar biologi melalui penerapan strategi inkuiri terbimbing.


Kata kunci:     inkuiri terbimbing, kemampuan kerjasama


Full Text:

PDF

References


Efi. 2007. Cooperative Learning. wikispaces.com. http://idb4.wikispaces.com

Landsberge, Joe. 2009. Cooplearn. Studygs. http://www.studygs.net/melayumanado.

Madya, Suwarsih. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. http://agus.blogchandra.com /penelitian-tindakan-kelas

Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sanjaya, Wina. Dr. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarwanto.2009. Penilaian Afektif. http://staf.uns.ac.idfiles/2009/penialaian-afektif.ppt

Sriyono,dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Whandi. 2009. Profesionalisme Guru. http://www.infoskripsi.com/Article/ Profesiona lisme-Guru.html




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bioedukasi : e-ISSN (2442-9805), p-ISSN (2086-4701)

Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

(Phone1) +6285292078488 (Email1) bioedukasi.ummetro@gmail.com
(Phone2) +6281272920110

 Bio Statistik  

Web
Analytics VIEW MY STATE (Pengunjung Kami)

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter